Tuesday, April 30, 2013

Andaikan Itu Adalah Diriku Yang Lain

Aku marah...
Tidak, bukan denganmu,
bukan dengan kalian..
Tapi dengan diriku sendiri..

Benteng yang ku bangun dengan tinggi dan kokohnya,
kini berlubang..
Hampir tak sanggup lagi melindungiku..
Aku marah...

Bintang, Sampaikan Padanya

Bintang malam, katakan padanya,
Aku ingin mengukir sinarmu dihatinya...

Bukan, aku bukan mau nulis lirik lagunya Kerispatih yang judulnya *kalau gak salah* Lagu Rindu.

Dari dulu, yang ku tunggu saat malam tiba di musim kemarau adalah melihat taburan bintang di kubah nya langit. Aku bisa menghabiskan berjam-jam lamanya hanya untuk tiduran di atas loteng rumah yang kebetulan tak beratap. Melihat kerlap kerlip bintang dengan mencoba menggambar rasi bintang yang aku kenali di udara. Yah walau lambat laun aku harus menikmati bintang dengan menggunakan kacamata (gak kelihatan soalnya..).

Dan, rasi bintang yang akan selalu kelihatan adalah rasi bintang scorpio. Dan beberapa rasi bintang yang biasanya digunakan oleh para pelaut:

Sunday, April 28, 2013

Jendela Hati

"Aku tuh gemes lihat kalian tuh. kalau ku lihat-lihat, kalian tuh saling suka, tapi pada malu-malu semua"

"Hahaha, lihat dari mananya coba?"

"Ya dari tatapan mata dan cara bicara"

"emangnya bisa kelihatan?"

"Ya iyalah, pasti.."

Satu percakapan kawanku yang pernah ku baca, yang kadang bikin aku tersenyum karenanya. Yah, kalau buku adalah jendela dunia, mungkin mata adalah jendela hati.

Wednesday, April 24, 2013

Usah Kau Lara Sendiri

Ketika sadar hati ini merasa sedih, tak usah kau berlarut karenanya,
Ketika sadar mata ini ingin menumpahkan setitik kesedihan dihati, tak usah kau berlarut karenanya,
Karena, di balik awan nan mendung itu, tersimpan pelangi yang indah...
#akibat baca puisi kalimatku jadi puitis begini, dan aku posting artikel ini deh, artikel yang sudah lama tersimpan dalam gudang dokumenku.


Kegelisahan, kedukaan dan air mata adalah bagian dari sketsa hidup di dunia. Tetesan air mata yang bermuara dari hati dan berselaputkan kegelisahan jiwa terkadang memilukan, hingga membuat keresahan dan kebimbangan.


Keresahan dan kegelisahan janganlah sampai merubah pandangan kepada Sang Pemilik Cinta. Kalaulah rasa itu selalu menghantui, usah kau lara sendiri. Taqarrub-lah kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Kembalikan segala urusan hanya kepada-Nya, bukankah hanya Ia yang Maha Memberi dan Maha Pengasih.

Ikhtiar, munajat serta untaian doa tiada habis-habisnya curahkanlah kepada Sang Pemilik Hati. Tak usah membandingkan diri ini dengan yang lain, karena Allah Subhanahu wa Ta'ala pasti memberikan yang terbaik untuk setiap hamba-Nya, meski ia tidak menyadarinya. 

Monday, April 22, 2013

Touring Candi Plaosan Lor

Hari ahad kemarin, 21 April 2013, aku dan ketiga kawanku (plus satu sepupunya kawanku, jadi totalnya adalah berlima) pergi jalan-jalan ke candi Plaosan. Yah, itu adalah jalan-jalan dadakan. Misi sebenarnya kesana adalah untuk ambil data yang akan digunakan oleh kawanku, Rajif, sebagai data thesisnya.


Beberapa minggu sebelum hari ahad itu, aku sempat bertemu mas Rajif ini di kampus tempatku mengajar. Ngobrol-ngobrol sebentar, yang akhirnya sampai pada pembahasan masalah thesisnya itu. Dan disanalah aku tau, dia akan mengunjungi beberapa situs sejarah (lebih tepatnya candi) untuk mengambil data-data yang dia butuhkan untuk thesisnya. Dan saat itulah, aku memutuskan ikut kalau dia lagi ambil data (dengan ketentuan, tempatnya mudah dijangkau kalau aku pakai motor sendiri :D).

Sunday, April 21, 2013

Seperti Bidadari Bermata Jeli

Dulu, galau-galau nya anak muda #halah (sekarang masih tetep muda kok :D), aku pernah baca artikel, dan dibahas di kelompok mentoringku, hehe... Dan ku jadikanlah artikel itu sebagai posting di web ku zaman dulu yang sekarang sudah punah (T~T). Tertanggal 19 Agustus 2009 :D


Ath-Thabarany menuturkan, kami diberi tahu Bakr bin Sahl Ad-Dimyaty, kami diberitahu Amru bin Hisyam Al-Biruny, kami diberitahu Sulaiman bin Abu Karimah, dari Hisyam bin Hassan, dari Al-Hassan, dari ibunya, dari Ummu Salamah Radhiallahuanha, dia berkata, “Saya berkata,’Wahai Rasulullah, jelaskanlah kepadaku firman Allah tentang bidadari-bidadari yang bermata jeli’.

Beliau menjawab,“Bidadari yang kulitnya putih, matanya jeli dan lebar, rambutnya berkilau seperti sayap burung nasar.

Saya berkata lagi,“Wahai Rasulullah, jelaskan kepadaku tentang firman Allah, ‘Laksana mutiara yang tersimpan baik’.(Al-Waqi’ah:23)

Beliau menjawab,“Kebeningannya seperti kebeningan mutiara di kedalaman lautan, tidak pernah tersentuh tangan manusia.

Saya berkata lagi,“Wahai Rasulullah, jelaskan kepadaku firman Allah, ‘Di dalam surga-surga ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik’. (Ar-Rahman :70)

Beliau menjawab,“Akhlaknya baik dan wajahnya cantik jelita.

Saturday, April 20, 2013

That Sock Makes Me Shock :D

Gak sengaja nemu tulisan yang ku tulis di tanggal 5 Maret 2010. Cerita zaman SMA dulu menjelang UN (pas nih momentnya, hihi..).
Ya..ya..ya.. ternyata aku emang hobi nulis cerita gak jelas dulu.. :D


Cerita ini terjadi saat aku kelas XII.... (posting kali ini, cuma berbagi cerita :D)

Di sebuah SMA, di kelas XII IPA 3 yang penuh kenangan. Katanya sih kelas unggulan (ya karena  hampir sebagian besar jagoan-jagoan olimpiade antar sekolah ada di kelas kami), tapi jangan berharap menemukan kami dalam keadaan anteng, tenggelam dalam buku, gak deh. Kelas yang paling ribut, kelas yang pernah bikin guru marah, dan kelas para aktor-aktor teater (hobinya ngikutin gaya guru-guru ngajar kalau kebetulan gurunya lagi gak masuk). Anak-anaknya juga aneh-aneh, tapi tetep kompak (gak jelasnya :D).


Terus, ngapain aja tuh kalo lagi gak ada guru? Gak, kami gak akan tinggal diam. Ada yang nyanyi-nyanyi di belakang, ada yang ngrumpi sendiri-sendiri, ada yang debat gak jelas (kalo ini cuma dilakukan oleh ku dan teman sebangkuku, hehe), ada yang ngobrolin pelajaran, ada yang tidur malah, ada yang kabur ke kantin (hihi..). Tapi kalau waktu istirahat, hampir sebagian besar ke masjid buat sholat dhuha (maklum, mau Ujian Nasional, hehe...).

Wednesday, April 17, 2013

Asal Kata Hoax

Akhir-akhir ini sering banget, di salah satu jejaring sosial, ada yang nge-share berita-berita yang bisa dikategorikan hoax. Bahkan ada juga yang nge-share lagi berita hoax yang booming di tahun 2007 (udah lama banget itu...).

Dan ngomong-ngomong soal Hoax, dulu sekali (ya.. sekitar tahun 2011 lah), aku pernah kesasar ke blog ini, xfile-enigma.blogspot.com, dan menjadi pembunuh waktu luangku di kantor untuk baca semua postingannya yang dimulai dari sekitar tahun 2009. Pasti bagi para pecinta cerita misteri,  cryptozoologi dan kawan-kawannya tau blog tersebut. Yak, dan dari sanalah aku baru tau, asal mula kata hoax (sayangnya, aku kesulitan menemukan artikelnya lagi di blog nya bang enigma, saking banyaknya, dan aku lupa kata kuncinya, akhirnya, cari link sumber lain yang mengarah ke sumber yang sama). 

Friday, April 12, 2013

A Walk To Remember

Bukan, ini bukan resensi film dengan judul yang sama, hanya mencurahkan sedikit kegalauan hati akhir-akhir ini.
Untuk dikenang.......


DIA yang berhak pisahkan kita,
karena DIA yang pertemukan kita,
Bertemu dan berpisah hanya karena DIA...
Jangan pernah menyesal bertemu,
jika akhirnya harus berpisah,
Karena DIA yang lebih tau, yang terbaik tuk kita...


Itu salah satu status kawanku di suatu social network. Hmm, and, because of that, makes me think, look back to the past, dan tersadar, cepat rasanya waktu berlalu. Aku selalu tau, pertemuan itu pasti ada perpisahan. Dan aku selalu mengalami perpisahan itu. Baik hanya berpisah jarak, maupun berpisah jarak, ruang dan waktu.

Terjebak dalam Kesunyian


Tepukan di bahu, dan sapaan "jeng.." padaku, cukup untuk membuatku menghampiri dan memeluknya. Ada apa denganmu saudariku?

Air matanya mengembang di pelupuk matanya, siap untuk menjatuhkan bulirnya di atas pipi. Aku hanya mampu memberikan pelukan, untuk sedikit mengobati lelah di hatinya.

Thursday, April 11, 2013

Syntax To Delete All Found Files

Karena di kantorku semua perangkat komputer terkoneksi dengan jaringan. Dan pertukaran data sudah sangat biasa kami lakukan dengan menggunakan jaringan (gak pake device penyimpanan tambahan, seperti flashdisk), dan tentunya, komputer akan sangat riskan kemasukan file-file yang tidak diinginkan [baca: virus] (dengan syarat dan ketentuan berlaku tentunya... :D).

Untuk pengguna linux, file virus itu mungkin gak berpengaruh terhadap sistem, tapi sangat mungkin berpengaruh terhadap kerapihan struktur folder dan space disk (ini sih aku aja kayanya yang merasa terganggu..haha..).

Yak, karena ada satu folder yang aku shared dengan hak akses penuh (orang lain bisa read dan write di folderku itu),
hasilnya?
Di folder tersebut pun akhirnya bermunculan file-file tidak terdefinisi dengan ekstensi *.lnk.
Arrgghh..

Sang Waktu



I just wanna
make some beautiful memories,
because the time passes quickly and never return..