Touring Candi Plaosan Lor

Hari ahad kemarin, 21 April 2013, aku dan ketiga kawanku (plus satu sepupunya kawanku, jadi totalnya adalah berlima) pergi jalan-jalan ke candi Plaosan. Yah, itu adalah jalan-jalan dadakan. Misi sebenarnya kesana adalah untuk ambil data yang akan digunakan oleh kawanku, Rajif, sebagai data thesisnya.


Beberapa minggu sebelum hari ahad itu, aku sempat bertemu mas Rajif ini di kampus tempatku mengajar. Ngobrol-ngobrol sebentar, yang akhirnya sampai pada pembahasan masalah thesisnya itu. Dan disanalah aku tau, dia akan mengunjungi beberapa situs sejarah (lebih tepatnya candi) untuk mengambil data-data yang dia butuhkan untuk thesisnya. Dan saat itulah, aku memutuskan ikut kalau dia lagi ambil data (dengan ketentuan, tempatnya mudah dijangkau kalau aku pakai motor sendiri :D).



Singkat kata singkat cerita, setelah beberapa kali sempat batal untuk ikut kawanku ambil data, akhirnya, ahad kemarin kesampaian juga (kebetulan, saudariku dari Medan datang, sekalian deh diajak). Candi Plaosan Lor ini dekat sekali dengan candi Prambanan. Masih sepi pengunjung, dan hanya dijaga oleh warga setempat.

Candi Plaosan Lor ini merupakan candi Budha, yang dibangun pada dinasti Syailendra. Candi Plaosan Lor ini dibagi menjadi dua candi utama. Candi Induk Utara yang memiliki relief yang menggambarkan tokoh-tokoh wanita, dan Candi Induk Selatan yang memiliki relief yang menggambarkan tokoh-tokoh laki-laki. Kompleks candi ini hampir semua candinya dibangung sebanyak dua, alias candi kembar.


Cerita selengkapnya, bisa kunjungi ini --> http://rajiva.wordpress.com/2013/04/22/candi-plaosan-sebuah-prasasti-cinta/ :D

Selesai jalan-jalan ke candi, aku dan dua saudariku yang lain melanjutkan agenda kami yaitu, DINNER BARENG saudari-saudari 7 Segment yang lain di Dixie Easy Dining. Di sana, menu yang disediakan adalah aneka pasta, aneka nasi, aneka sushi, dan beberapa menu dessert dan appetizer (kenapa ini pembahasannya sampai ke makanan yak? #ah entahlah.. --___--).

Selesai makan, aku dan dua saudari silaturohim ke tempat saudari-saudari seperjuangan di rohis kampus. Nostalgia ngumpul sama-sama. Sepulang dari sana, nonton bareng film Red Cliff di laptop biruku ini, hehe...


#Sekian, maaf campur aduk postingnya.. :D

source:

Komentar

  1. ciyeee... rupanya mulai tertarik dengan sejarah.. gitu dong explorasi jogja, jogja itu istimewa kamerad :))

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca....^^