Bintang, Sampaikan Padanya

Bintang malam, katakan padanya,
Aku ingin mengukir sinarmu dihatinya...

Bukan, aku bukan mau nulis lirik lagunya Kerispatih yang judulnya *kalau gak salah* Lagu Rindu.

Dari dulu, yang ku tunggu saat malam tiba di musim kemarau adalah melihat taburan bintang di kubah nya langit. Aku bisa menghabiskan berjam-jam lamanya hanya untuk tiduran di atas loteng rumah yang kebetulan tak beratap. Melihat kerlap kerlip bintang dengan mencoba menggambar rasi bintang yang aku kenali di udara. Yah walau lambat laun aku harus menikmati bintang dengan menggunakan kacamata (gak kelihatan soalnya..).

Dan, rasi bintang yang akan selalu kelihatan adalah rasi bintang scorpio. Dan beberapa rasi bintang yang biasanya digunakan oleh para pelaut:

Rasi bintang Pari, yang bisa kita lihat di sebelah selatan.
Rasi bintang orion/waluku, yang ada di sebelah barat.


Rasi bintang biduk, yang bisa dilihat di sebelah utara.

Dan taukah kamu, kalau bintang-bintang di galaksi bima sakti ini bergerak dengan kecepatan 10 km/detik atau 36000 km/jam.

Bisakah kita melihat pergerakan bintang?

Sayangnya, pergerakan bintang baru bisa teramati setelah berpuluh-puluh bahkan ratusan ribu tahun kemudian (tergantung jarak bintang dari bumi), ya karena jaraknya yang jauh itu. Pergerakan inilah yang biasanya disebut gerak diri bintang (proper motion).

perubahan posisi bintang pada rasi bintang ursa majoris dan  rasi beruang besar


Bintang tetaplah, pastikan cahayanya,
sinari langkahku setiap saat..
Malam yang dingin,
Ku harap engkau datang,
memberi kerinduan di sela mimpi-mimpinya...

Duhai bintang, sampaikan rinduku padanya..



source:

Komentar