Monday, January 28, 2013

Lead Me To The Right Place

Jalan setapak yang aku lalui penuh duri
Aku tak mengeluh,
Karena semua kan jadi kenangan yang bisa aku ceritakan,
Karena semua kan jadi warna yang melukis indah hidupku,

Hidup ini, bermula dari satu langkah yang kita jejakkan
Lihatlah ujung cakrawala disana,
sudah menanti,
Itulah asa

Di setiap langkahku dalam meniti hidup,
ku harap dapat menebar manfaat
Yah, karena sebaik-baik manusia adalah,
yang bermanfaat bagi orang lain

Sunday, January 27, 2013

Filtering Kalimat [PHP]

Setelah sekian lama tidak posting karena kesibukan yang menyita waktu, akhirnya.....

Sudah hampir seminggu lebih, 2 pasienku menginap di kontrakan, minta ditemani mengerjakan project skripsi mereka :D. Satu pakai PHP, yang satu pakai J2ME.

Nah, yang PHP ini (project skripsinya Salmuasih), ceritanya mau bikin pendeteksian plagiat naskah, disana ada satu rangkaian proses, yaitu tokenizing, filtering, dan stemming (dan sungguh, aku baru tau materi tentang tokenizing dan kawan-kawannya itu. Agak pusiang juga kalau mau kasih sentuhan kerusakan pada sintaks PHP nya kalo gak belajar materinya dulu, hehe).

Dan di bawah ini adalah salah satu sintaks untuk melakukan proses filtering (dengan catatan, kata-kata yang dihapuskan sudah tersimpan dalam database, disini sebagai contoh adalah menghilangkan stopword)


$query = mysql_query("SELECT * FROM stopword");

while ($row = @mysql_fetch_array($query)) {
    $stopword[] = trim($row['stopword']);
}
$pieces = explode(" ", $teksTemp);

$jml = count($pieces) - 1;
for ($i = 0; $i <= $jml; $i++) {
    if (in_array($pieces[$i], $stopword)) {
        unset($pieces[$i]);
    }
}
$removal = implode(" ", $pieces);

Tuesday, January 15, 2013

Nested For [Linux Shell Programming]

Duluuuuuuu sekali, pernah diajarkan programming shell, salah satunya tentang nested for dalam shell programming. Ku cari-cari file yang dulu pernah ku buat dan HILANG, duh! Akhirnya, bermodal (seperti biasa) google, aku cari-cari lagi source codenya, dan berikut inilah yang aku temukan.

for (( i = 1; i <= 9; i++ )) ### Outer for loop ###
do
 for (( j = 1 ; j <= 9; j++ )) ### Inner for loop ###
 do
  tot=`expr $i + $j`
  tmp=`expr $tot % 2`
  if [ $tmp -eq 0 ]; then
   echo -e -n "\033[47m "
  else
   echo -e -n "\033[46m "
  fi
 done
echo -e -n "\033[40m" #### set back background colour to black
echo "" #### print the new line ###
done

Monday, January 14, 2013

Diamku, Takut Kehilanganmu

Apa yang kau ketahui tentang dirimu?


Aku terdiam, tersenyum, dan tak tau, sungguh aku tak tau apa yang harus aku katakan.
Bukan karena aku enggan membuka diri,
Hanya saja diam ini, membuatku lupa bagaimana harus memulai suatu cerita

Kesedihan yang bertumpuk itu telah membuatku diam
Terkucilkan dulu itu telah membuatku diam
Kekecewaan itu telah membuatku diam
Luka hati itu telah membuatku diam
Dyah Fajar Nur Rohmah
Hanya diam yang bisa ku lakukan,
Tapi aku kan berikan telingaku untuk mendengarkanmu kawan,
Kan ku berikan bahuku untuk kau bersandar,
Berharap bisa sedikit mengusir kegalauanmu,
Berharap bisa tersenyum bersama atas bahagiamu

Sunday, January 13, 2013

String Replace Function [PHP]

Malam ini, adek angkatan mampir ke kontrakan, minta bantuan untuk mengerjakan beberapa coding PHP yang gak  ketemu juga solusinya (ini project skripsinya). Dan disana, banyak sekali aku menemukan fungsi-fungsi yang aku lupa, dan yang baru pertama kali ku temui, salah satunya adalah fungsi str_replace

Dalam PHP, ada yang namanya fungsi str_replace, yang digunakan untuk mengganti kata yang dicari, dengan kata pengganti-nya dari subject yang sudah diberikan. Bingung?

Misal, kita memiliki kata Dyah Fajar Nur (maaf, pake nama sendiri nih, :D) sebagai subject, kemudian kita akan mengganti semua huruf a (sebagai search) dengan simbol # (sebagai replacement). Deklarasi function ini adalah sebagai berikut:

str_replace($search, $replacement, $subject, $count)

Friday, January 11, 2013

Convert DTD to XML Schema

Pukul 20.20. Malam yang boring hari ini. Aku masih juga di kantor, kerjaan menanti, tapi gak tau kenapa, malah gak mood ngerjain. Jadilah aku teringat dengan ujian SMBDku kemarin. (kenapa boring malah ingetnya ujian ya? --___--)

Yah, ujian SMDB (Sistem Manajemen Basis Data), entah kenapa ada materi tentang XML (sepertinya aku masih belum paham juga). Dan saat belajar kemarin, kami menemukan soal untuk mengkonversi sintak DTD menjadi sintaks yang di tulis dengan XML. Aku bingung, dan mulailah mencari di gudangnya google. Ketemu! yess..!

Begini kira-kira rumusnya:
1. Encoding Element

Wednesday, January 09, 2013

Finding Husband

Ini semacam film Finding Nemo, tertawa juga waktu baca ceritanya. Gara-gara kawan share artikel ini di salah satu jejaring sosial. :D (semoga kelak sama suamiku gak gini-gini banget lah.. hihi..)


Disadur dari kisah nyata
By: Herlin Herliansah (Menteri Ta’lim wa Tarbawi 2013)


Hari ini adalah 9 hari pernikahan gue… hahaha bayangin aja gue yang urakan kayak gini ternyata dapet suami yang macho (bukan mantan cowok ataupun mantan copet). Tapi karena status gue yang masih mahasiswa tingkat akhir di kota hujan, so….mesti relain dah berpisah sama my husband untuk satu minggu. Ya selain lagi gue nyelesein tugas akhir, my husband yang seorang jurnalis juga mesti ngejar berita tentang kunjungan Presiden negaraku tercinta Indonesia ke negaranya David Bekam… eh Becham ding! Kita berdua mesti sabar, baruuuu aja nikah dua hari udah kepisah jarak dan waktuuuuu …. yaelah lebai.


Tapi well, akhirnya hari itupun udah berakhir. Hari ini yayangku pulang dari London. Dan yang paling so sweeeeet my husband pengertian banget, tahu gue lagi riweuh dia gak mau gue jemput di Bandara, doi bilang “jemput aja akang di stasiun bogor”. My husband ni sebenernya bukan orang sunda, doi orang Sulawesi, orang Bugis tepatnya. Gue yang orang sunda dengan spontan saat hari pertama kita nikah dia gue panggil akang, mulanya dia ketawa karena belum ada yang pernah panggil dia gitu. Tapi apapun akang lakukan demi kebahagian istri tercinta. Kita sebelumnya gak pernah kenal dan baru ketemu 5 kali, pertama saat MR gue dan MR nya dia mempertemukan kami di sebuah mesjid di Kota Bogor, kedua saat dia datang melamar ke rumah, ketiga saat nikah, keempat dan kelima saat kita dua hari nikah. Hahahaha kocak. Dia usianya emang lebih tua dari gue sih, mmmm…. kalo gak salah 10 tahun. So, gak kaget deh dia suka perhatian.

Tapi lemotnya gue, gue istri yang kagak guna. Selama doi pergi dan gue sibuk sama tugas akhir, gue lupa nyimpen fotonya dia, helloooo ni zaman udah modern kaleee, iye tapi gue ubek2 Fb dan twitternya doi tetep aja gak gue temukan tuh fotonya dia. Maklum orangnya juga gak narsis, so yang banyak di FB nya hanyalah foto-foto liputannya.

Tuesday, January 08, 2013

Checkpoint Dalam Basis Data

Suatu sore (kemarin tepatnya) di Kedai Coklat Yogyakarta, aku dan lima orang temanku belajar bersama, tentang basis data, karena siang ini kami ujian. Dan sampailah kami pada satu istilah yang kami tidak mengerti. Bingung, dan aku pun tanya sama mastahnya database, Mas Dian, teman kantorku dulu, yang sekarang bekerja di Jakarta. Beginilah percakapan kami (percakapan gak penting sudah disensor, haha..)

(05:52:02 PM) Dyah Yahoo: mas diaaaaaaaaan...
(05:52:05 PM) Dyah Yahoo: :D
(05:52:07 PM) Dyah Yahoo: help me dong..
(06:48:21 PM) Dyah Yahoo: klo istilah checkpoint dlm db..
(06:49:46 PM) dianyahud: Check point itu nulis dari buffer cache ke data file
(06:50:49 PM) dianyahud: * uas ya :p
(06:57:53 PM) Dyah Yahoo: hooh e mas...
(06:58:15 PM) Dyah Yahoo: buffer cahce itu apa mas?
(06:58:20 PM) Dyah Yahoo: yang dipindahin ituapanya?
(06:58:22 PM) Dyah Yahoo: :D
(06:58:44 PM) dianyahud: Gelar tiker dulu sambil dengerin dongeng
(06:58:56 PM) Dyah Yahoo: :))
(06:59:17 PM) dianyahud: * anak jaman skrg mainannya handphone dulu masih model buka buku di kolong meja

Wednesday, January 02, 2013

Hanya Sebuah Kisah Desember 2010

Gak kerasa sudah 3 tahun aku nge-blog, dengan bejibun posting yang gak jelas haha. Berawal dari iseng untuk menyalurkan hobi ku menulis, sampai akhirnya keterusan (Alhamdulillah, istiqomah sampe sekarang, :D). Yup, itu perjalananku menorehkan tulisan di dunia maya, berbagi ilmu, berbagi cerita dan supaya namaku terkenal dan menuh-menuhin database google #halah :D

Dan kali ini, aku hanya ingin sekedar membuat cerita (gara-gara habis baca novel), malam tahun baru, 2 tahun yang lalu (misterius banget kesannya yak?).

Sore itu, 31 Desember 2010, sepulang aku kerja,

"lagi dimana Ga?" tanya temanku lewat teleponnya sore itu

"ini baru mau pulang dari kantor, ada apaan?"

"mampir ke tempat Bundo-lah sebentar..."

"ada apa emangnya?"

"udah kesini dulu aja..."

"ya, aku kesana, siapin makanan yak..."