Friday, January 27, 2017

Datang Dan Pergi


Kau datang menyapaku
Meninggalkanku banyak cerita
Meninggalkan banyak senyuman

Ketika ku mulai terbiasa dengan kehadiranmu,
Kau pergi..

[English] Time Adverbials

Masih bingung kapan kita harus menggunakan at, kapan harus menggunakan in dan kapan harus menggunakan on untuk menunjukkan suatu waktu?
Berikut ini semoga bisa mencerahkan.

AT
Penggunaan at selalu diikuti dengan penunjukan waktu atau waktu makan.
Contoh: ... at 7 o'clock ... , at lunchtime - at breakfast - at teatime
Atau untuk frase
at night, at the weekend, 

IN
Penggunaan in selalu dengan:
Musim : in Spring, in Autumn
Tahun : in 1920
Abad : in 21th century
Bulan: in January
Sebagian waktu dari satu hari: in the morning, in the evening

Ku Titip Rinduku



Sulit..
Semakin sulit aku memutuskan..
Ketika aku tau, kelak aku harus pergi dari sini,
Semua kenangan segera menyergap, seolah menarik tanganku,
menghalangiku pergi..

Thursday, January 26, 2017

Langitku Bukan Langitmu



Langitku Bukan Langitmu
“Tahu, mengapa kita tak boleh terlalu senang berlebihan saat dikaruniai kenikmatan?

Agar kita menjaga yang lain untuk tetap bersyukur..
Karena, tak semestinya kita menjadi perantara orang untuk kufur nikmat..

Yang hamil, menjaga perasaan orang yang belum hamil..
Yang sudah menikah, menjaga perasaan orang yang belum menikah..
Yang kaya, menjaga perasaan orang yang miskin..
Yang sempurna fisiknya, menjaga perasaan orang yang memiliki kekurangan fisik..

Indah.

Kita menjaga diri bukan lantaran orang-orang disekitar kita iri..
Kita menjaga diri bukan berarti kita tidak berhak mengekspresikan rasa senang dan syukur kita..
Kita menjaga diri karena kita ingin sama-sama bersyukur dengan mereka yang belum mendapati nikmat yang sudah kita dapati..

Karena menjadi perantara syukur bagi orang lain adalah kenikmatan dan kebahagiaan yang sesungguhnya”

Wednesday, January 25, 2017

[Ms. Excel] Get several character in certain colomn

Beberapa waktu lalu, aku harus melakukan pembenahan data konversi dalam format excel. Ada sekitar 1000 data yang perlu aku benahi. Dan salah satu yang perlu dibenahi adalah memisahkan beberapa karekter dari kode ke dalam kolom yang berbeda.

Untuk mengambil beberapa karakter tertentu dari kolom tertentu di excel bisa menggunakan perintah LEFT (jika ingin mengambil karakter dari kiri) atau RIGHT (jika ingin mengambil dari kanan). Contoh pada gambar adalah mengambil 7 karakter dari data yang berada dalam kolom C, maka rumus yang perlu ditulis adalah:

=LEFT(nomor_cell, jumlah_karakter_yg_diambil)

=LEFT(C4, 7)


Semoga bermanfaat ^^

Saturday, January 21, 2017

Dia

Hai, aku Zee, aku ingin menceritakan satu hal padamu. Ini tentang dia, dia yang namanya tak boleh disebut (tapi ini bukan Voldemort, :p). Dia, yang sejak dulu ku suka. Dia, yang tak pernah berani aku sapa. Kemarin aku bertemu dengannya di kampus saat reuni alumni untuk angkatanku. Pertemuan yang tidak sengaja yang bahkan tak berani aku harapkan.

"ini pelanggaran, kau semakin
membuat perasaanku gak karuan"
Aku semakin kaget ketika tau kalau dia adalah teman dekat kakak sepupuku, dan bahkan menginap disana ketika persiapan lamaran kakak sepupuku. Kekagetanku tidak berhenti sampai disitu, setelah acara lamaran, ketika aku dan dia harus menunggu kedatangan kakak sepupuku, dia~ mengutarakan perasaannya.

Dan sekarang, aku memandangi nomor ponselnya yang baru ku dapat darinya. Ingin rasanya aku kirim pesan padanya. Tapi ini menyalahi aturan. Duuh~

TING

Bunyi ponselku mengagetkanku, ditambah nama yang tertera di notifikasi, DIA. Iya, aku masih menulis namanya dengan DIA, bahkan aku tak berani menulis namanya di ponselku sendiri.

Assalamu'alaikum,
besok mau belanja hantaran bang Resa jam brp?

alaikumussalam mas, jam 10 mas..
Bang re ga ngasih tau jamnya?

kayanya dia sengaja ga mau bilang.
chat dan teleponku ga diresponnya,
padahal dia yang minta aku jadi supirnya.

Aku diam, aku hanya tersenyum, ini chat dari mas kan ya? 
Aku sampai-sampai tak percaya. Aku senyum-senyum sendiri, dan membaca ulang dua chatnya itu. Lama aku memandangi chatnya, tak tahu harus merespon seperti apa. Setelah berkali-kali menulis dan menghapus lagi, akhirnya aku memberanikan diri membalas.

Haha, kok mas sabar bgt
ngadepin Bang re kaya gitu


Aku memandangi ponsel, namun tak ada lagi balasan darinya. Ya sudahlah..mungkin sudah tertidur. Aku kembali membaca chat dari nya. Ini chat pertamanya setelah aku tau nomor ponselnya.

Thursday, January 19, 2017

Jatuh Cinta Lagi


Kata temanku, blog ku semakin sepi sejak menikah, karena sudah hilang galaunya. Iya sih, ide nulis selalu muncul ketika galau. Puncak kegalauan itu waktu tahun 2012, haha. Dan sekarang, waktunya berusaha untuk tetap menulis.

Kau tau? Aku jatuh cinta lagi. Dan cinta itu, tak jauh dari karakter AB.
Iya, aku semakin yakin hatiku terpaut dengan AB. Satu karena itu kode kendaraan kota yang telah membebaskanku dari "penjara" itu. Dua karena aku selalu suka pada orang bergolongan darah AB.

Mendung itu menyimpan kenangan kita

Rindu,
Ah, lagi-lagi rindu
Menginjak usia yang kini sudah lebih dari seperempat abad,
semakin banyak kejadian-kejadian yang dirindukan.
Ketika SD, ketika SMP, ketika SMA, ketika S1, ketika S2..
Semua berkesan, dan meninggalkan sedikit rindu yang sewaktu-waktu muncul.

Dan kini, satu kenangan muncul bagaikan gelembung dari dasar lautan
Pecah begitu saja tanpa meminta izin

Mendung itulah yang menyimpan kenangan kita
Kenangan yang selalu membuatku tersenyum
Kenangan yang mampu membuatku merasakan rasa itu lagi..

Saat itu mendung menggelayut
Kita bertemu
Pertemuan yang akan selalu ku ingat
Karena seringnya kita berpapasan di jalan
Karena kita saling tersenyum tanpa tahu nama
Dan karena kita menyimpan rasa yang sama..