My Pomodoro Life [SESSION APPS - MAC]

Tahu pomodoro?

Itu teknik manajemen waktu yang dikembangkan oleh Francesco Cirillo (sumber: disini). Teknik ini biasanya digunakan untuk mengefektifkan fokus belajar. Untuk bekerja juga bisa. Caranya adalah membagi waktu menjadi beberapa sesi kecil. Umumnya adalah 25-5. 25 Menit fokus belajar atau bekerja, lalu 5 menit istirahat.

Buat ku, setelah mempraktekkannya, efektif banget. Kita benar-benar bisa efektif fokus, gak main ponsel atau lainnya yang berpotensi mendistraksi. Karena hal itulah, aku mulai cari-cari alat untuk bantu jadi timer pomodoro ini, dan akhirnya ketemu aplikasi Session.

Tapi sebelum kenal aplikasi Session, aku biasanya pakai video youtube dengan pencarian "Study With Me". Tinggal cari yang udah membagi sesinnya,, ada yang 25-5 ada yang 50-10.

But, karena, alhamdulillah, aku sedang diamanahi menangani 3 pekerjaan sekaligus, supaya bisa sekalian merekap pekerjaan, ketemulah aplikasi Session ini. Ada versi free dan berbayar, dan sepertinya baru ada di Mac.

Aplikasi ini membantu banget untuk merekap total durasi ngerjain satu pekerjaan, jadi udah gak perlu pakai timer buat pengganti presensi. Maklum, pegawai lepas, kerjanya dari rumah, gak ada alat presensi.



Komentar