Aturan Tangan Kanan [Fisika]

Pernah sadar, kalau kita membuka sesuatu, selalu berlawanan arah dengan jarum jam? (Misalnya membuka tutup botol air mineral). Kemarin, tiba-tiba saja jadi teringat obrolan dengan kakak ipar tentang ini (padahal obrolan itu sudah terjadi setahun yang lalu).

"kalo mau buka itu berlawanan arah dengan jarum jam.. Kecuali untuk membuka dan menutup hal-hal yang berhubungan sama keamanan, biasanya dibuat sebaliknya.."

Penasaran, aku mau tau alasannya, dan bingung mau cari di google dengan kata kunci apa. Setelah pusing karena gak tau kata kuncinya, dan setelah bertapa beberapa jam, akhirnya ketemu juga.

Yak, itu berhubungan dengan Aturan Tangan Kanan dalam Fisika. Berkaitan dengan momen gaya (paham? gak paham? sama dong.. T~T).


Momen gaya / torsi adalah sebuah besaran yang menyatakan besarnya gaya yang bekerja pada sebuah benda sehingga mengakibatkan benda tersebut berotasi. Besarnya momen gaya bergantung pada gaya yang dikeluarkan serta jarak antara sumbu putaran dan letak gaya.

Nah, aturan tangan kanan itu juga biasa digunakan untuk menentukan arah arus listrik. Ke-empat jari menunjukkan arah putaran gaya, sedangkan ibu jari akan menunjukkan arah momen gaya benda.

Untuk lebih jelasnya mungkin bisa mengunjungi link sumber di bawah posting ini (prefer untuk buka link sumber yang ketiga untuk penjelasan lebih lengkap).

Malas nulis? Bukan, karena ada yang lebih bisa menjelaskan di blog lain, jadi aku cuma kasih rangkumannya aja.
Yah, walau dulu gak pernah remedial ulangan Fisika, tapi pelajaran itu cukup mengerikan untuk se-antero sekolah (Bayangkan, dari 4 kelas IPA yang masing berjumlah 24 orang, yang gak remedial bisa dihitung jari). Buku pegangan karya Marthen Kanginan yang makin tebal seiring kenaikan kelas jadi kitab utama kalau ada pelajaran Fisika, #ugh (kenapa aku jadi curhat begini yak, oke posting selesai, hehe..)

Source:
http://istana-matematika.com/?p=2583
http://bocah.info/index.php?option=com_content&task=view&id=888&Itemid=40
http://budisma.web.id/pengertian-momen-gaya-torsi.html
http://mutiarachandra.wordpress.com/2012/01/16/momen-gaya/

Komentar

  1. luar biasa, sebuah pemahaman kembali setelah kelas 3 smp yg lalu... pun fisika ku bernilai buruk :))

    setuju dengan kakakmu, contoh penutup atau semacamnya yg ccw (counter clockwise) yg sering ditemui sehari-hari yakni: baut penutup/penahan kipas angin dan rumah as pedal sepeda

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca....^^