Lidah Tak Merasa

"Kok nasi gorengnya gak berasa ya?" aku bertanya pada kawanku

Ia menatapku dan berkata "Hmm, iya sama..."

Diam sejenak, dan dia berkata lagi "Coba kau cari tau kenapa ga bisa merasa makanan kalau sakit, aku mau tau alasan ilmiahnya..."

Aku diam, dan baru ingat kalau aku lagi flu #pasangMasker.
Gejala flu-ku sudah ada sejak senin lalu, aku bersin-bersin. Selasa mulai demam. Dan hari ini, ya bersin, ya demam, ya pilek, ya matanya panas berair, ya tenggorokan ga enak, ya ampyuuun o__O.



Saat badan kurang sehat, kadang lidah jadi terasa pahit, kenapa?

Ternyata, air liur berperan penting untuk membantu lidah merasakan makanan. Perlu diketahui, makanan perlu dilarutkan dengan liur agar dapat dirasakan oleh lidah. Itu artinya, lidah harus dalam keadaan basah untuk dapat merasakan makanan.

Saat kita sakit, lidah cenderung mengering, sehingga makanan yang dimakan terasa hambar. Hal tersebut disebabkan karena lidah yang cenderung mengering menjadikan lidah jadi kurang sensitif terhadap rasa.

Menurut Dr. Rob Danoff dari Frankford Hospitals, kemampuan lidah dalam mengecap juga erat kaitannya dengan kemampuan hidung dalam mencium bau.

Lidah pahit ini biasa dialami seseorang yang mengalami flu, demam, sinusitis, infeksi hidung, polip, maupun rhinitis alergi. Meskipun lidahnya berfungsi baik, namun kemampuan mengecap rasa akan bermasalah karena hidung tidak mampu mencium bau dengan baik.


Selengkapnya ada di-bawah ini:
http://health.detik.com/read/2010/05/05/160910/1351714/766/mengapa-saat-sakit-lidah-terasa-pahit
http://learnoflife.wordpress.com/2012/03/19/kapankah-lidah-tidak-merasakan-sesuatu/

Komentar

  1. Istirahat yang cukup dong Bule... :)

    Ingat suara Dila jadinya. :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca....^^