Debug.keystore Don't Show in Folder

Sabtu kemarin, saat ngajar pemrograman mobile dengan menggunakan android, aku meminta para mahasiswa untuk assign Map API Key (karena materi hari itu adalah pengenalan aplikasi dengan menggunakan Map). Dan untuk mendapatkan Map API key dari google, kita harus generate dulu code SHA1 (untuk google map API versi 2, sedangkan google MAP versi sebelumnya hanya menggunakan kode MD5 dan sepertinya sudah tidak digunakan lagi).

Nah, untuk men-generate SHA1, komputer tersebut harus menjalankan debug.keystore. Dan disitulah permasalahannya. Ada beberapa komputer yang digunakan mahasiswa tidak terdapat file debug.keystore.


Seharusnya file tersebut bisa langsung ter-generate ketika melakukan build atau menjalankan aplikasi apapun dengan eclipse. Tapi kadang, ada beberapa kasus yang sekalipun sudah menjalankan satu aplikasi, file debug.keystore tetap belum muncul. Nah, untuk kasus ini, kita perlu men-generate manual file tersebut dengan sintaks seperti dibawah ini:

keytool -genkey -v -keystore <path-folder>/debug.keystore -storepass android -alias androiddebugkey -keypass android -dname "CN=Android Debug,O=Android,C=US"

Untuk path folder, jika menggunakan eclipse, bisa dilihat pada Windows > Preference > Android, kemudian pilih menu Build.



contoh menggunakan linux



source:
http://stackoverflow.com/questions/8576732/there-is-no-debug-keystore-in-android-folder

Komentar

  1. apakah 1 file keystore bisa untuk di pakai di beberapa project aplikasi (dalam artian untuk all aplikasi contoh di aplikasi game renang, game balap, aplikasi kamus dll)

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca....^^