Place of Articulation [Language]

Tugas AI (Artificial Intelligence)-ku kemarin adalah me-review jurnal-jurnal AI. Dan yang aku pilih saat itu adalah tentang pemanfaatan NLP (Natural Language Processing) untuk penerjemahan bahasa Filipina.

Nah, di jurnal tersebut ada beberapa istilah yang sepertinya memang istilah untuk ilmu linguistik *halah*. Yaitu tempat-tempat artikulasi. Apa tuh dy?

Places of articulation (passive & active):
1. Exo-labial, 2. Endo-labial, 3. Dental, 4. Alveolar, 5. Post-alveolar, 6. Pre-palatal, 7. Palatal, 8. Velar, 9. Uvular, 10. Pharyngeal, 11. Glottal, 12. Epiglottal, 13. Radical, 14. Postero-dorsal, 15. Antero-dorsal, 16. Laminal, 17. Apical, 18. Sub-apical

Kalau yang aku pahami, maksudnya adalah tempat-tempat dimana bunyi untuk pelafalan suatu kata itu bersumber. Tempat-tempat artikulasi ini juga dibagi menjadi dua, yaitu tempat artikulasi yang pasif dan yang aktif. Untuk contoh-contoh tempat artikulasinya, silakan baca di link sumber di bawah posting ini, hehe..

Nah, untuk di jurnal yang aku baca itu, ada yang namanya labial, alveolar dan velar. Contoh huruf yang dihasilkan dari artikulasi labial adalah b dan p, sedangkan untuk alveolar adalah huruf t dan d, dan yang velar adalah huruf g dan k.


Yah, segitu dulu aja deh, jujur, gak konsen nulis ini posting, susunan kalimatnya jadi hancur gak karuan.. 


source:
http://en.wikipedia.org/wiki/Place_of_articulation

Komentar