Ini Tentang Sepeda

Tahukah kamu cerita di balik penemuan sepeda?

Pada tanggal 10 April 1815, Gunung Tambora di pulau Sumbawa, Indonesia meletus dengan mengeluarkan raungan yang cukup kuat. Menciptakan 3 kolom api yang terlihat menjulang hingga ke langit. Letusan Gunung Tambora di tahun itu merupakn letusan terdahsyat, yang dampaknya pun dirasakan seluruh dunia. Abu vulkanik dari gunung Tambora pun langsung menutupi seluruh atmophere bumi. Menyebabkan penurunan suhu bumi sampai 5 derajat fahrenheit selama lebih dari satu tahun. Sebagian orang Eropa dan Amerika Utara menyebut tahun 1816 sebagai "year without a summer"

Musim dingin yang berkepanjangan, menyebabkan banyaknya gagal panen di beberapa negara, sungai-sungai meluap karena seringnya hujan, dan membuat banyak orang yang kelaparan dan terjangkit penyakit kolera. Pemeliharaan kuda pun menjadi semakin mahal, karena kurangnya ladang untuk memberi makan para kuda yang saat itu menjadi satu-satunya transportasi.


Karena semakin mahalnya biaya pemeliharaan kuda itulah, Karl Drais dari Jerman menciptakan transportasi baru. Transportasi yang ia ciptakan memiliki roda depan yang bisa dikemudikan. Ini merupakan tampilan  transportasi pertama yang menggunakan prinsip dua roda. Transportasi itu dikenal dengan nama velocipede atau Draisienne, yang terbuat dari kayu yang perlu diseimbangkan dengan mengarahkan roda depan sedikit. Inilah yang menjadi dasar dibuatnya sepeda dan motor saat ini.


aku cari artikel ini karena habis nonton acara 
di salah satu stasiun televisi tentang fascinating fact

source:
http://www.wired.com/science/discoveries/news/2009/04/dayintech_0410
http://www.ibike.org/library/history-timeline.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/Year_Without_a_Summer
http://regencyredingote.wordpress.com/2012/05/04/dashing-dandies-by-captain-roger-street/

Komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca....^^