Bekel, Olahraganya para Akhwat


Di semester pertangahan masa kuliahku, di sebuah syuro kegiatan yang berlangsung di masjid kampus, kami membahas seputar jalannya kegiatan yang nanti akan di adakan 2 hari 1 malam itu. Sampailah pada Sie Acara untuk laporan rencana rundown acara kegiatan.

"...terus, nanti di hari kedua, selepas sholat subuh, akan ada olahraga sebelum makan pagi..."

"Olahraga-nya mau apa tuh? kok gak dijelaskan, biar bisa dikira-kira waktunya" timpal salah satu ikhwan.

"kalau futsal gimana?" kata Sie acara, yang terdengar seperti hanya bicara dengan para ikhwan saja, dan terdengar riuh setuju dari balik tirai.


"jangan futsal lah, masak yang akhwat juga main futsal?" protes salah satu teman akhwat ku.

"ya udah, gini aja, yang ikhwan main futsal, akhwatnya main bekel aja" kata Sie Acara

Mendengar apa yang dibilang si ikhwan Sie Acara itu, bikin para akhwat heboh, kok bisa ada cowo yang tau tentang bekel, haha (¯―¯٥)


Sedikit kenangan dari bola bekel yang sempat teringat saat kemarin ngumpul bareng lagi dengan teman-teman se-genk di kontrakan ku. Beberapa bulan yang lalu, aku beli satu set bola bekel beserta dengan bijinya. Dan baru kemarin ahad, setelah subuhan, aku dan beberapa teman main bekel di ruang tamu.

Sedikit mengenang masa-masa kecil dulu, bola bekel ini jadi salah satu mainan wajib saat istirahat yang biasanya dilakukan sama siswi-siswi SD dan SMP. Kalau ada cowo yang mau ikutan, paling hanya dijadikan anak bawang, soalnya cuma bikin rusuh aja. Biasanya dilakukan kelompokan, 1 kelompok biasanya terdiri dari 3 anak. Masing-masing saling berhadapan, main bekel sampai level 5 (ada juga yang cuma 4 level), dan mengumpulkan paling banyak point. Kalau sudah menang? aku lupa apa hadiahnya, kayanya cuma kebanggaan dinobatkan jadi pemain bekel profesional, haha (polos banget yak.. :D).

Ternyata eh ternyata, kata "bekel" ini merupakan serapan dari kata dalam bahasa belanda "bikkelen (rock game)" yang permainannya sama dengan bekel (kayanya permainan bola bekel ini asalnya dari belanda). Anak-anak SD zaman sekarang masih ada gak ya yang kenal bekel dan beberapa permainan yang dimainkan diluar rumah? Padahal, permainan tradisional yang dimainkan di luar itu, bagus untuk melatih sosialisasi dengan orang lain.

Komentar

  1. Mbak, saya izin menggunakan fotonya (foto bola bekel) untuk dijadikan latar belakang kutipan. IDmahardika.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca....^^