Adobe PDF is Missing

Pernah ngalamin menu Save As > Adobe PDF menghilang? Aku pernah, barusan aja *halah*. Dan hanya bisa lewat menu Print. Akan sangat merepotkan karena kalau lewat menu Print, kita tidak bisa melakukan pengaturan hasil file PDFnya (contohnya, bookmark).

Word 2003


Untuk mengembalikan Add-in PDF Maker ke dalam word 2003, buka menu Tools > Templates and Add-Ins dan pastikan PDFMaker.dot terpilih. (Pada Acrobat 9, namanya adalah PDFMCustom.dot)

Jika cara tersebut tidak berhasil atau tidak dapat melihat file PDFMaker.dot di dalam list template, coba masuk Help > About Microsoft Word kemudian klik tombol Disable Items. Pilih Acrobat, kemudian klik Enable. Setelahnya kita perlu menutup dan membukanya kembali aplikasi word kita supaya perubahan tertampil disana.

Word 2007

Untuk mengembalikan Add-ins Adobe PDF pada word 2007 adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Microsoft Office 2007.
  2. Lakukan salah satu dari langkah berikut:
    • Pada Access, Excel, Word, atau PowerPoint: Klik tombol Microsoft Office. Klik tombol Options. Pilih Add-Ins pada list yang ada di sebelah kiri. Pada Disabled Application Add-ins, pilih Adobe PDF Maker, kemudian Pilih Disabled Items pada menu dropdown list yang ada di bagian bawah jendela, kemudian klik Go.
    • Pada Outlook, Publisher, atau Visio: Pilih Tools > Trust Center. Pilih Add-Ins pada list yang ada di sebelah kiri dari jendela Trust Center. PIlih Disabled Items pada menu yang ada di bagian bawa jendela Trust Center. Klik Go.
    • Pada Project: Pilih Help > About Microsoft Office Project. Klik Disabled Items.
  3. Lihat pada bagian Disabled Items list untuk Acrobat PDFMaker Office COM Add-In. 
    • Jika Acrobat PDFMaker Office COM Add-In ada di dalam daftar, pilih daftar tersebut, kemudian klik Enable, dan klik Close. Kemudian close dan buka kembali aplikasi Office 2007.
    • Jika Acrobat PDFMaker Office COM Add-In tidak terdaftar, gunakan Windows Explorer untuk mencari PDFMOfficeAddin.dll di dalam C:\Program Files\Adobe\Acrobat [9.0 or 10.0]\PDFMaker\Office. Jika file tidak ada, beralihlah ke solusi 4 untuk memandu cara memperbaiki instalasi Acrobat.

      Note: jika ada yang meng-instal Acrobat di lokasi yang berbeda dari defaultnya yaitu di C:\Program Files\Adobe, ganti lokasi folder yang ada di atas sesuai dengan lokasi instalasi yang ada.

Source: link 1, link 2

Komentar

  1. gini ajja mudah kok

    ketik run lalu masukkan :

    regsvr32 "C:\Program Files\Adobe\Acrobat 9.0\PDFMaker\Office\PDFMOfficeAddin.dll"

    klik ok setelah sukses maka menu akan muncul kembali di word

    dewi KZ http://dewi-kz.info/

    BalasHapus
  2. @Dewi KZ: Thanks sharingnya yak.. ;)
    kemarin nemunya yang panjang itu.. :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca....^^