7 Kebiasaan yang Efektif

Gara-gara bikin posting yang sebelumnya, aku jadi ingat punya catatan secuil inti dari buku yang pernah aku baca waktu zaman SMA dulu, 7 Habits of Highly Effective People. Begini nih isi catatanku:

Jika kita mau membentuk kebiasaan kita, maka kebiasaan kita akan membentuk diri kita.

1. Proaktif, Tidak Reaktif
Harimu bisa menjadi hari yang bahagia atau menjengkelkan tergantung pada bagaimana responmu terhadap segala sesuatu yang kamu temui setiap hari.
Reaktif: Kebiasaan untuk menyalahkan hal lain untuk dijadikan kambing hitam.
Proaktif: Kebiasaan untuk selalu menanggung semua tanggung jawab atas segala yang kita alami.


2. Selalu Mengingat Tujuan Hidup
Tersesat dalam perjalanan menuju sesuatu lebih baik daripada tersesat tanpa punya tujuan sama sekali. keberanian mengandung keajaiban, kejeniusan, dan kekuatan di dalamnya.

3. Mendahulukan yang Penting
Ada 4 wilayah kegiatan keseharian kita, yaitu mendesak, tidak mendesak, penting dan tidak penting. Kerjakan hal-hal yang mendesak selekasnya, sesegera mungkin, jangan pernah menunda-nundanya.

4. Selalu berpikir Menang-Menang
Biasakan berbuat adil terhadap dirimu dan orang lain. Jangan terus-terusan mengalah atau pun egois.

5. Memahami dulu Baru Minta di Pahami
Setiap orang dalam hubungannya dengan sesama mempunyai kebutuhan untuk didengarkan. Mendengarkan dengan tulus dan oenuh perhatian adalah salah satu jalan penting untuk bisa menjalin hubungan dengan baik pada setiap orang.

6. Wujudkan Sinergi dan Kerja Sama
Sinergi akan terwujud apabila 2 orang atau lebih bekerja sama untuk menciptakan solusi yang lebih baik dibandingkan akalu sendirian.
Sinergi: Menyatukan perbedaan-perbedaan yang ada menjadi suatu kekuatan.

7. Beristirahatlah, Memperbaharui Diri
Yaitu kewajiban selalu memperhatikan keadaan fisik dan psikis kita, atau jasmani dan rohani kita. "jangan sampe terlupakan ya.. ^^"

Yah, begitulah catatanku waktu SMA dulu, terkubur dalam di lemari bukuku (sebenarnya lemari pakaian, tapi aku alihkan jadi lemari buku untuk menyimpan semua buku yang aku punya dan aku bawa dari Tangerang, haha). Alhamdulillah dulu nulisnya pake pulpen yang agak bagusan, jadi masih bisa kebaca dan gak terlalu pudar walau sudah hampir 6 tahun berlalu.

Komentar

  1. Baguuuuuuuuuus banget tulisannya... :x
    Walau udah 6 tahun, tapi ilmunya ga pudar.. :)

    BalasHapus
  2. @Akang n Aa': siapa dulu yang punya blog... B-)
    *narsis mode on

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca....^^