Wednesday, April 15, 2015

[Linux] Enable USB Controller

Malam ini, pukul 23, aku berkutat dengan laptop dan virtual box-nya. Yang membuatku pusing hingga hampir pukul 00 masih juga belum menemukan jawabannya.

Ya, semua bermula dari keinginanku membuka "secret partition" yang ada dalam flashdisk-ku. Dan satu-satunya cara untuk membuka secret partition itu adalah dengan menggunakan windows. Dan yang bikin aku pusing adalah, laptopku sudah tidak memiliki OS windows, satu-satunya OS windows yang ku install yaa di virtual box. Tapi, masalah baru kembali muncul, flashdisk-ku gak ke-detect di virtual box (kita sebut saja dia VB biar gak kepanjangan ya, haha).

Bingung?

Baiklah, aku ceritakan kronologisnya, begini ceritanya.. (jadi keinget acara hantu-hantuan zaman dulu, hihi..)

Masalah pertama adalah aku tak bisa membuka secret partition - ku menggunakan linux (OS yang ada di laptopku ini).

Kenapa bisa ada secret partition?

Salah satu kelebihan flashdisk yang sudah ku miliki sejak tahun 2008 ini adalah dia bisa dipartisi menjadi dua bagian, yang satu sifatnya public dan yang satu lagi sifatnya private yang hanya bisa diakses dengan memasukkan password terlebih dahulu. (padahal alasanku pilih flashdisk ini dulu karena satu-satunya yang berwarna biru, haha)

Kenapa gak pinjam komputer lain yang ada windowsnya sih dy?

Hmm, banyak file penting yang sudah ku simpan disana, jadi untuk membuka di komputer lain itu adalah solusi paaaaaaliiiiiiiinnnngggg akhir yang akan aku tempuh.

So, aku menggunakan windows yang ada di VB laptopku, dan masalah kedua pun muncul,
USB ku gak ke-detect!!

Setelah cari mencari, akhirnya ku temukan langkah-langkahnya, seperti ini:

1. Daftarkan vboxuser ke dalam group dari user laptop kita dengan menggunakan perintah sudo usermode -a -G vboxusers [user_name_anda].
2.  Jalankan perintah id sehingga vboxusers sudah ada dalam kelompok group user kita, seperti gambar di bawah ini.


Jika belum ada, lakukan restart dan jalankan kembali perintah id.
3. Jalankan VB mu, lalu akses menu Machine > Setting > USB, lalu centang bagian Enable USB Controller.


4. Jalankan windowsmu yang ada pada VB. Maka flashdisk mu sudah terdeteksi ketika memilih menu Devices > USB Devices.


Daaaaan, permasalahan ketiga pun muncul. Setelah usb flash ini terdeteksi di windows, kenapa juga dia gak muncul di list disk yang ada di My Computeeeeer..!! huaaaa. 

Dan sampai sini, aku nyerah. Anyone can help me please? :(
Besok lagi ajalah, pening kepalaku. 


source:
http://askubuntu.com/questions/377778/how-to-add-users-to-vboxusers
http://askubuntu.com/questions/25596/how-to-set-up-usb-for-virtualbox
http://stackoverflow.com/questions/20021300/usb-devices-are-not-recognized-in-virtualbox-linux-host
https://www.virtualbox.org/manual/ch03.html#idp96329040

2 comments:

  1. Sepemahaman ane tentang virtualbox, syarat usb device dapat diakses GUEST OS :
    1. HOST OS sudah terinstall virtualbox
    2. user linux dapat mengakses usb device ( semisal dihubungkan flashdisk, dapat langsung diakses flashdisknya ) karena terkadang ada manajemen device group access di linux
    3. sudah menginstall Oracle VM VirtualBox Extension Pack dengan versi yang salam dengan virtualbox yang telah terinstall sebelumnya.

    jika sudah dicoba semua, mungkin memang sudah takdirnya :P
    *atau sini tak cek ( jadi penasaran )

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ane install semua itu kang, tapi gagal-gagal terus..hiks..
      bantuin kaaang...

      Delete

Terima kasih sudah membaca....^^