Dinas ke Manado

Beberapa minggu yang lalu, aku dinas ke Manado, hmm, gak banyak jalan-jalan sih. Tapi disana cukup dekat dengan pantai. Bahkan hotel tempat kami menginap bisa dapat yang Sea View (tinggal jalan sikit pun sudah masuk ke pantainya).

view dari balik jendela kamar hotel

Makanan yang bisa di cicipi disana adalah olahan ikan patin (entah aku lupa nama masakannya, haha..). Bagi yang muslim, mungkin agak sulit untuk mencari makanan halal, jadi menurut kawan yang sudah pernah kesana, cari aja rumah-rumah makan penyetan (jauh-jauh kesana, makanannya sama kaya di Jawa, hihi) atau sekalian ke restaurant fastfood yang sudah berlabel halal.

Di sana juga ada toko oleh-oleh. Yang biasanya dikenal sih Merciful Building. Yah, walau gak kesampaian ke Bunaken, beli baju dengan tulisan Bunaken pun tak apa lah, haha.

Perjalanan dari Yogyakarta ke Manado memakan waktu seharian (karena kami naik pesawat yang pake connecting, gak direct). Berangkat dari Jogja pukul 8 pagi WIB, sampai disana pukul 5 sore WITA, tepar sudah.... x__x