Checkpoint Dalam Basis Data

Suatu sore (kemarin tepatnya) di Kedai Coklat Yogyakarta, aku dan lima orang temanku belajar bersama, tentang basis data, karena siang ini kami ujian. Dan sampailah kami pada satu istilah yang kami tidak mengerti. Bingung, dan aku pun tanya sama mastahnya database, Mas Dian, teman kantorku dulu, yang sekarang bekerja di Jakarta. Beginilah percakapan kami (percakapan gak penting sudah disensor, haha..)

(05:52:02 PM) Dyah Yahoo: mas diaaaaaaaaan...
(05:52:05 PM) Dyah Yahoo: :D
(05:52:07 PM) Dyah Yahoo: help me dong..
(06:48:21 PM) Dyah Yahoo: klo istilah checkpoint dlm db..
(06:49:46 PM) dianyahud: Check point itu nulis dari buffer cache ke data file
(06:50:49 PM) dianyahud: * uas ya :p
(06:57:53 PM) Dyah Yahoo: hooh e mas...
(06:58:15 PM) Dyah Yahoo: buffer cahce itu apa mas?
(06:58:20 PM) Dyah Yahoo: yang dipindahin ituapanya?
(06:58:22 PM) Dyah Yahoo: :D
(06:58:44 PM) dianyahud: Gelar tiker dulu sambil dengerin dongeng
(06:58:56 PM) Dyah Yahoo: :))
(06:59:17 PM) dianyahud: * anak jaman skrg mainannya handphone dulu masih model buka buku di kolong meja
(06:59:24 PM) dianyahud: Jadi begini anak2
(06:59:55 PM) Dyah Yahoo: iya pak guru..
(06:59:57 PM) Dyah Yahoo: :d
(07:01:01 PM) dianyahud: Ketika ada perintah DML ke db lalu di commit maka perubahannya itu disimpen dulu di dirty buffer belum disimpen ke file fisik database
(07:01:35 PM) dianyahud: Klo di oracle, dirty buffer tsb disimpen ke redo log namanya
(07:03:18 PM) dianyahud: Nanti scr periodik ada petugas DBWR (database writer) yg akan menuliskan data yang di dirty buffer untuk ditulis permanen ke file database
(07:03:30 PM) dianyahud: Sampe disini ada pertanyaan anak2 ?
(07:12:48 PM) Dyah Yahoo: aku kok nambah gak paham ya,,,
(07:12:50 PM) Dyah Yahoo: :))

Sudah dapat gambaran? Belum? Sama dong.. (T~T)
Aku kasih artikel aja, silakan mengartikan masing-masing ya, aku mau siap-siap ujian dulu. Kalau sudah ujian, dan sempat aku baca artikelnya, aku update posting yang ini. hihi..

Database Checkpoint

Komentar

  1. well...rodo understand aku..ya ya....tapi tetep ra paham..kalo belum lihat prosesnya..hehehehe..tapi kalo pake oracle sudah ke track ya perintah apa saja yang tadi digunakan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. well, kamu nanya apa, juga aku gak paham,,
      (semoga si mastah lihat posting yang ini trus bantu jawab. :D)

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca....^^