Adding Separator for a Thousand Number

Sebelum aku berpusing ria belajar untuk ujian esok hari, aku mau sedikit cerita, hehe.
Kemarin malam, kawan kost ada yang minta bantuan:

"Mbak, bantuin aku pemrograman web, nambahkan titik buat mempermudah pembacaan angka yang sampe ribu2an"

Setelah googling sana sini (karena memang aku ga terlalu paham pemrograman web), ada juga yang share function-nya di forum. Sret..sret..sret.. Akhirnya aku coba berhasil juga, (Yatta.. ). Kaya di bawah ini nih functionnya:

function addCommas(hasil){
  hasil +='';
  var x = hasil.split('.');
  var x1= x[0];
  var x2= x.length > 1 ? '.' + x[1] : '';
  var rgx= /(\d+)(\d{3})/;
  while (rgx.test(x1)) {
     x1= x1.replace(rgx, '$1' + ',' + '$2');
  }
  return x1 + x2;
}

Tinggal nanti di panggil deh functionnya.
Semoga bermanfaat..

Source:
http://stackoverflow.com/questions/2646385/add-a-thousands-separator-to-a-total-with-javascript-or-jquery

3 comments:

  1. Cuman mau nambahin doank, di php juga tersedia fungsi untuk membuat format angka namanya adalah

    number_format


    string number_format ( float $number , int $decimals = 0 , string $dec_point = '.' , string $thousands_sep = ',' );

    nilai balik dari fungsi ini adalah string

    contoh

    echo number_format(10000000000,2,',','.');

    maka outputnya adalah

    10.000.000.000,00

    parameter pertama adalah angka yang akan di format

    parameter kedua adalah jumlah angka desimal

    parameter ketiga adalah separator antara angka asli dengan desimal

    dan parameter ke empat adalah separator untuk angka yang akan di format itu sendiri.

    CMIIW !


    contoh :

    ReplyDelete
  2. you can referer to a bellow link, if you want to create number format using php ,

    http://puterakahfi.wordpress.com/2012/05/22/menggunakan-format_number-di-php-untuk-mata-uang/

    just for additional reference. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. okay, thank you.. :D

      aku gak tau kalo formating di PHP nya gimana, :D

      Delete

Terima kasih sudah membaca....^^