Sunday, April 24, 2011

Panggilan "Kakak" dalam Bahasa Korea

Kalau yang ini, karena aku lihat film Korea, hihi.. Dalam dialog disana ada beberapa kata yang artinya "Kakak". Hanya saja saat itu aku bingung, saat ada dialog memanggil "Kakak Laki-laki" kadang Terdengar "Hyung" kadang terdengar "Oppa". Begitu pun untuk "Kakak Perempuan" kadang terdengar "Noona" kadang terdengar "Unni". Jadi yang bener yang mana nih? Lagi-lagi, karena penasaran (banyak banget sih penasarannya, haha) aku cari lewat Mbah Google, dan seperti biasa, dapat lagi artikel, hihi..


Hyung () adalah panggilan untuk Kakak Laki-laki yang diucapkan oleh sesama laki-laki, sedangkan yang diucapkan oleh wanita kepada Kakak laki-laki atau orang yang lebih tua laki-laki disebutnya Oppa (오빠).
Begitu pun dengan Nuna (누나) diucapkan oleh laki-laki kepada Kakak perempuan atau perempuan yang lebih tua, sedangakn Unni (동생) diucapkan oleh perempuan kepada Kakak perempuan atau perempuan yang lebih tua.

Semoga bermanfaat

11 comments:

  1. Ooowhhh... Kerenn... Ternyata simbol biologi itu mengadopsi/diadopsi dari/ke tulisan korea tohh.. :P

    Oiya, Unni (dlm bahasa padang) artinya kakak perempuan. Teh Dyah (bentuk penghormatan kpd org yg umurnya sdikit lebih tua) heheee... ;))

    ReplyDelete
  2. Akang itu panggilan bahasa sunda untuk laki-laki yang lebih tua.. :p :p

    ReplyDelete
  3. makasii ya.. nih sekalian meninggalkan jejak.. :P

    ReplyDelete
  4. gomawo unni buat infonya ^^

    ReplyDelete
  5. Seonbae (선배, 先輩)= Kakak angkatan
    Hubae (후배, 後輩)= Adik angkatan
    *demam RM* :p

    -nambahin ah-

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca....^^