Thursday, August 31, 2017

Cherish This Moment


I... will cherish this moment..
The moment here with you..
It will be a good memory i've ever had..

The moment that made me smile for no reason..
The moment when i have to calm my heart down..
The moment when i'm longing for something..
The moment i feel unsure..
The moment that i cannot tell you everything, even though i want to..

Saturday, August 12, 2017

Getting Closer

Time flies, faster than i could imagine.


Rasanya baru kemarin aku menginjakkan kaki di jogja untuk pertama kalinya (bukan dalam rangka mudik seperti sebelum-sebelumnya). Bapak dan ibu memang asli yogyakarta, dan sejak tahun 80an sudah ditugaskan ke Jakarta terus ke Tangerang. Sesekali pulang ke jogja, dan aku yang asli turunan jogja ini sampai sekarang pun belum menguasai bahasa jawa (jawa bajakan kalau kata temen, hiks).

Culture shock?

of course i experienced it. Saat itu, aku yang belum pernah sekalipun tinggal sendiri tanpa orang tua, harus belajar beradaptasi dengan lingkungan yang banyak sekali unggah ungguhnya. Yang biasanya cuek aja kalau ada orang gak dikenal lewat, sekarang harus pasang senyum dan menyapa sekalipun gak kenal. Belum lagi bahasa dengan logat jekardahnya yang didengar mungkin kurang sopan.

Tuesday, August 08, 2017

Song Without Words

"Jar, gw lagi suka sama seseorang, tapi seseorang itu mau pindah.. :("

Salah satu chat temanku beberapa waktu yang lalu. Aku hanya tersenyum.

http://bashooka.com/inspiration/90-clever-creative-conceptual-photography-ideas/

[Linux] Move All Files With Rsync

Bermula karena aku ganti laptop, dan ada kebutuhan mindahin semua data di laptop sebelumnya ke laptop yang baru, tetiba salah satu teman kantor (sebut saja dia bimo :p ) datang.

"tau gak cara mindahin file pakai rsync"

"apa? resin?" saat itu yang terbayang adalah logo daur ulang plastik di tempat-tempat makan

"rsync. Itu bisa buat mindahin data dengan struktur folder sama persis dengan laptop asal. pakai ssh"

"hooo, gimana tuh caranya?"

Monday, August 07, 2017

Cepat Terganti

"Yakin deh mbak, tanpa aku disini semua akan baik-baik saja kok... manusia itu akan cepat terganti, Tapi setidaknya silaturahmi itu yang menjadi pembeda nantinya.. "
src: https://i-d.vice.com/en_gb/article/kids-in-love-olivia-bee

Salah satu kiriman chat dari kawanku sungguh sukses membuat mata ini menggenangkan air mata. Yaa, i'm a crybaby. Tipe introvert dan perasa banget. Sekalinya sayang akan terus beri perhatian lebih. Tapi ketika disakiti, lukanya gak hilang-hilang. :D

Aku mungkin pernah patah hati, atau anggaplah itu sebuah patah hati, entahlah. Ketika sahabat lama, yang sudah bertahun-tahun lost contact sejak aku pindah ke Jogja, berkomunikasi kembali.

Sunday, August 06, 2017

Biarkan Aku

src: https://eversolovely.wordpress.com/2010/03/30/daydream-photography-by-carl-christensen/

Aku tahu ini hanya sebuah angan..
Angan yang tak mungkin aku dapatkan..
Tapi biarkanlah aku terlena sebentar saja..
Tuk rasakan indahnya rasa di dalam hati..

Wednesday, August 02, 2017

Hope

Aku takut...
Takut dengan harapku sendiri.
Rasa yang menelisik dalam lubuk penuh ingin tahu.
Orang bilang hidup itu selalu penuh harapan.
Namun kini aku malah takut berharap.
Bolehkah?


Tidak, doa itu kan selalu jadi penyambung harapku.
Pun di saat aku merasa takut akan kenyataan yang tak sesuai harapan.
Dalam kesedihan yang terkadang datang tak diduga-duga.
Membiarkan sungai di ujung mata ini mengalir.
Aku hanya ingin menangis, itu saja.
Dan mencoba bangkit dengan sisa-sisa tenaga yang ada.
Iya, aku hanya ingin menangis diam-diam dalam hati yang terus berusaha menyalakan lilin harapan itu..
Ya, lilin harapan itu..



--
Yogyakarta
Kini pukul 23.03 dan mata masih belum juga terpejam. Mau sampai kapan insomnia begini, hiks.

Wednesday, July 19, 2017

Hello Jakarta

21:41

Sudah jam segini aja.
Sejak 1 jam yang lalu aku hanya duduk di depan laptop di samping jendela kamar hotel yang menghadap gedung-gedung tinggi menjulang kota Jakarta. Jakarta hujan hari ini.
Niat hati sih mau nerusin kerjaan, tapi kondisi yang gak fit begini malah bikin malas dan akhirnya hanya melamun memandang keluar jendela (alasan..!).
Entahlah, malam ini suasananya bikin mengenang memori-memori lama ketika aku masih tinggal disini.

picture download from http://www.guanchaoge.com/wind-wallpapers.html

Dulu, hal yang paling disukai jika malam tiba adalah pergi ke atas loteng, tiduran di sana hanya untuk melihat bintang-bintang bertabur di sana. Sendiri, hanya ditemani dinginnya angin malam. Berusaha mengingat pelajaran tentang rasi bintang, mencoba menggambar rasinya di udara. Dan kalau ingat bintang ini, ingat salah satu teman SMPku pernah mengirimkan pesan singkat padaku:

"Jap, liat deh langit sekarang, bintangnya banyak banget. Gue pilih yang paling terang warna merah itu. Nanti kalo kita jauh, dan lo mau curhat, ke bintang itu aja, sebagai pengganti kehadiran gue"

Friday, June 23, 2017

Cinta Dan Rahasia

Bukan, ini bukan posting lirik lagu. Ini tentang cinta yang merahasia.


Memang gak akan ada habisnya membahas cinta. Rahasia yang mengikutinya yang membuatnya selalu bisa untuk dibahas. Tidak ada yang melarang engkau jatuh cinta.

Namun kau tau, semakin merahasia cinta, semakin indah kau rasa. Tanpa harus kau urai dalam kata. Biarkan ia menjadi penyumbang rasa bahagiamu.

Thursday, June 15, 2017

Tak Ada Yang Ku Rindu

Tak ada yang ku rindukan,
selain bercengkerama bersamamu..
Ketika matahari beranjak malu,
pun ketika gelap malam menemani..

Tak ada yang ku rindukan,
selain suara bisikmu yang menyeru perlahan..
Membelai lembut wajahku..

Dan tak ada yang ku rindukan,
selain menyendiri bersamamu..

Sunday, June 04, 2017

Samudra Yang Tak Bisa Ku Gapai

download from revelwallpapers.net

Dalam titian jalan tak beraspal..
Dengan alunan irama alam yang melenakan..
Aku hanyut dengan pikiranku sendiri..
Entahlah..
Aku hanya ingin terus melaju,
bersama pikiranku yang melaju entah kemana..

Saturday, June 03, 2017

"Mbak, aku jatuh cinta"

pic download
from freepik.com
Suara di ujung telepon sana mulai bercerita. Dari awal rasa itu tumbuh, hingga akhirnya membuahkan rindu. Rindu yang bersemai dari benih rasa yang tak tau sejak kapan ada di hati itu. Aku hanya tersenyum, rasanya sudah lamaa sekali tak mendengarkan ceritamu lagi. Kini, aku  yang malah rindu padamu.

"aku menjauh mbak, tapi aku takut dia berprasangka kalau aku dekat karena butuh, aku harus gimana ya mbak?"

Sejujurnya, aku juga gak tau dek. Dulu, aku hanya mampu bersembunyi dalam kata. Ku biarkan ia menerka hingga akhirnya ia menjauh, aku menjauh.

Rindu?

Thursday, June 01, 2017

Teringat...

Haaaiii *teteh fajar
apa kabar *teteh?

Satu chat dari teman SMAku malam ini benar-benar mampu menghadirkan nostalgia. Rasanya udah lamaaaa banget lulus SMA terus daftar kuliah (lha ya emang udah lama lah..). Dia Nurvita, teman seangkatan sebenarnya, tapi dia manggil teteh karena ikut-ikutan temanku Bayu. Dan Bayu ini manggil teteh karena...... apa ya dulu? 「(゚ペ)

Kalau diingat-ingat, dari SD sampai SMP, aku gak pernah punya teman wanita. Ada sih, tapi usianya lebih tua dariku (yang udah gak mau diajak main lari-larian) atau malah lebih muda dariku (yang lebih banyak nangisnya daripada mainnya..). Jadilah aku selalu main sama para cowok. Ya diajak main kejar-kejaran, benteng-bentengan, main kelereng (tapi kalahan mulu), main layangan (yang selalu minta diterbangin, gak bisa nerbangin sendiri), ngejar-ngejar layangan putus, main di sawah.

Friday, May 26, 2017

People Come and Go

"People come and go Dy"

It keeps echoing inside my head. I dont know, it hards for me to accept that there is a "goodbye" in every "hello". Does it because i'm already too long in the same place? I see more people come and go than others. Say hello to a new comer, then say goodbye again.

Maybe it isn't that hard if that-someone not leave me a memory that touch my heart. You know, i heard this often, people always forget what others say, but not if it was something that touch your heart. When i think about moving to other place, I keep saying that i wanna leave first so that i cannot see you leave, cause it will so hard to see, because...


Monday, May 22, 2017

Ketika Kau Jauh

Ketika pertama ku melihatmu,
Aku tertarik padamu..
Ketika aku semakin mengenalmu,
Bertambahlah rasa sukaku..

Kau ada dalam masa sulitku..
Kau pun ada dalam sukaku..
Diammu membuatku mengerti,
betapa rasa tak perlu diungkap..

Tuesday, May 16, 2017

Di Tepian Asa

Aku tak pernah sadar akan hadirmu..
Aku sibuk dengan duniaku..
Ya, duniaku mengalihkan wajahmu..

Entah dekat ataupun jauh..
yang ku dengar hanya suaramu..
Tak sekalipun aku tergelitik untuk mencari tahu tentangmu..
Hanya aku dan duniaku..

Namun senja itu mengubah segalanya..
Kini kau sisipkan rasa yang tak pernah aku tahu..
Rasa yang melahirkan rasa yang lain..
Entahlah..

Kini bukan lagi aku dan duniaku..
Ada kau disana..
Menyisipkan rindu di tepian asaku..



Padang, 23:09
Cannot sleep dan malah kangen kuliah x_x

Saturday, April 22, 2017

Silence

This was my draft i made in 2014. I even forgot this writing, haha ^^


Hi Silence..
I remember you..
You're the one that always accompany me for these past years..

Back then, I always choose to be silent..
When i hang out with my girls, i'll be the one who have a few words to talk..
When something bad happen, i'll be the one who have to calm down..

Friday, January 27, 2017

Datang Dan Pergi


Kau datang menyapaku
Meninggalkanku banyak cerita
Meninggalkan banyak senyuman

Ketika ku mulai terbiasa dengan kehadiranmu,
Kau pergi..

[English] Time Adverbials

Masih bingung kapan kita harus menggunakan at, kapan harus menggunakan in dan kapan harus menggunakan on untuk menunjukkan suatu waktu?
Berikut ini semoga bisa mencerahkan.

AT
Penggunaan at selalu diikuti dengan penunjukan waktu atau waktu makan.
Contoh: ... at 7 o'clock ... , at lunchtime - at breakfast - at teatime
Atau untuk frase
at night, at the weekend, 

IN
Penggunaan in selalu dengan:
Musim : in Spring, in Autumn
Tahun : in 1920
Abad : in 21th century
Bulan: in January
Sebagian waktu dari satu hari: in the morning, in the evening

Ku Titip Rinduku



Sulit..
Semakin sulit aku memutuskan..
Ketika aku tau, kelak aku harus pergi dari sini,
Semua kenangan segera menyergap, seolah menarik tanganku,
menghalangiku pergi..

Thursday, January 26, 2017

Langitku Bukan Langitmu



Langitku Bukan Langitmu
“Tahu, mengapa kita tak boleh terlalu senang berlebihan saat dikaruniai kenikmatan?

Agar kita menjaga yang lain untuk tetap bersyukur..
Karena, tak semestinya kita menjadi perantara orang untuk kufur nikmat..

Yang hamil, menjaga perasaan orang yang belum hamil..
Yang sudah menikah, menjaga perasaan orang yang belum menikah..
Yang kaya, menjaga perasaan orang yang miskin..
Yang sempurna fisiknya, menjaga perasaan orang yang memiliki kekurangan fisik..

Indah.

Kita menjaga diri bukan lantaran orang-orang disekitar kita iri..
Kita menjaga diri bukan berarti kita tidak berhak mengekspresikan rasa senang dan syukur kita..
Kita menjaga diri karena kita ingin sama-sama bersyukur dengan mereka yang belum mendapati nikmat yang sudah kita dapati..

Karena menjadi perantara syukur bagi orang lain adalah kenikmatan dan kebahagiaan yang sesungguhnya”

Wednesday, January 25, 2017

[Ms. Excel] Get several character in certain colomn

Beberapa waktu lalu, aku harus melakukan pembenahan data konversi dalam format excel. Ada sekitar 1000 data yang perlu aku benahi. Dan salah satu yang perlu dibenahi adalah memisahkan beberapa karekter dari kode ke dalam kolom yang berbeda.

Untuk mengambil beberapa karakter tertentu dari kolom tertentu di excel bisa menggunakan perintah LEFT (jika ingin mengambil karakter dari kiri) atau RIGHT (jika ingin mengambil dari kanan). Contoh pada gambar adalah mengambil 7 karakter dari data yang berada dalam kolom C, maka rumus yang perlu ditulis adalah:

=LEFT(nomor_cell, jumlah_karakter_yg_diambil)

=LEFT(C4, 7)


Semoga bermanfaat ^^

Saturday, January 21, 2017

Dia

Hai, aku Zee, aku ingin menceritakan satu hal padamu. Ini tentang dia, dia yang namanya tak boleh disebut (tapi ini bukan Voldemort, :p). Dia, yang sejak dulu ku suka. Dia, yang tak pernah berani aku sapa. Kemarin aku bertemu dengannya di kampus saat reuni alumni untuk angkatanku. Pertemuan yang tidak sengaja yang bahkan tak berani aku harapkan.

"ini pelanggaran, kau semakin
membuat perasaanku gak karuan"
Aku semakin kaget ketika tau kalau dia adalah teman dekat kakak sepupuku, dan bahkan menginap disana ketika persiapan lamaran kakak sepupuku. Kekagetanku tidak berhenti sampai disitu, setelah acara lamaran, ketika aku dan dia harus menunggu kedatangan kakak sepupuku, dia~ mengutarakan perasaannya.

Dan sekarang, aku memandangi nomor ponselnya yang baru ku dapat darinya. Ingin rasanya aku kirim pesan padanya. Tapi ini menyalahi aturan. Duuh~

TING

Bunyi ponselku mengagetkanku, ditambah nama yang tertera di notifikasi, DIA. Iya, aku masih menulis namanya dengan DIA, bahkan aku tak berani menulis namanya di ponselku sendiri.

Assalamu'alaikum,
besok mau belanja hantaran bang Resa jam brp?

alaikumussalam mas, jam 10 mas..
Bang re ga ngasih tau jamnya?

kayanya dia sengaja ga mau bilang.
chat dan teleponku ga diresponnya,
padahal dia yang minta aku jadi supirnya.

Aku diam, aku hanya tersenyum, ini chat dari mas kan ya? 
Aku sampai-sampai tak percaya. Aku senyum-senyum sendiri, dan membaca ulang dua chatnya itu. Lama aku memandangi chatnya, tak tahu harus merespon seperti apa. Setelah berkali-kali menulis dan menghapus lagi, akhirnya aku memberanikan diri membalas.

Haha, kok mas sabar bgt
ngadepin Bang re kaya gitu


Aku memandangi ponsel, namun tak ada lagi balasan darinya. Ya sudahlah..mungkin sudah tertidur. Aku kembali membaca chat dari nya. Ini chat pertamanya setelah aku tau nomor ponselnya.

Thursday, January 19, 2017

Jatuh Cinta Lagi


Kata temanku, blog ku semakin sepi sejak menikah, karena sudah hilang galaunya. Iya sih, ide nulis selalu muncul ketika galau. Puncak kegalauan itu waktu tahun 2012, haha. Dan sekarang, waktunya berusaha untuk tetap menulis.

Kau tau? Aku jatuh cinta lagi. Dan cinta itu, tak jauh dari karakter AB.
Iya, aku semakin yakin hatiku terpaut dengan AB. Satu karena itu kode kendaraan kota yang telah membebaskanku dari "penjara" itu. Dua karena aku selalu suka pada orang bergolongan darah AB.

Mendung itu menyimpan kenangan kita

Rindu,
Ah, lagi-lagi rindu
Menginjak usia yang kini sudah lebih dari seperempat abad,
semakin banyak kejadian-kejadian yang dirindukan.
Ketika SD, ketika SMP, ketika SMA, ketika S1, ketika S2..
Semua berkesan, dan meninggalkan sedikit rindu yang sewaktu-waktu muncul.

Dan kini, satu kenangan muncul bagaikan gelembung dari dasar lautan
Pecah begitu saja tanpa meminta izin

Mendung itulah yang menyimpan kenangan kita
Kenangan yang selalu membuatku tersenyum
Kenangan yang mampu membuatku merasakan rasa itu lagi..

Saat itu mendung menggelayut
Kita bertemu
Pertemuan yang akan selalu ku ingat
Karena seringnya kita berpapasan di jalan
Karena kita saling tersenyum tanpa tahu nama
Dan karena kita menyimpan rasa yang sama..