Wednesday, August 14, 2013

Manfaat Gunung

"Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk," (QS An-Nahl : 15)


"Nyoi.." Sapa salah satu sahabat SMA ku kemarin di salah satu media chat "hari pramuka tuh besok kan ya?"

"Iya ki, kenapa emangnya?"

"lo masih inget gak waktu kita upacara di lapangan Ahmad Yani? Yang gw ga berani nengok ke belakang gara-gara ada seseorang, dan kalian malah manggil-manggil gw.."

"haha, iya inget. Inget juga waktu dulu kemah di Gunung Gede,"

"Haha, iya waktu itu gw teriak 'Serigala.. serigala..' Gak taunya anjing hutan"

"Iya, dan disana lo kerjaannya beranteeeeem mulu sama Pras, sampe urusan nyuci beras juga berantem.."

"Lha habisnya dia error, masa nyuci beras di got.. "

Aku tertawa.

Ya..ya..ya.. zaman SMA dulu, dari seluruh siswa di sekolah, anggota pramuka hanya ada 10 orang (4 putri 6 putra). Dan dengan kenekatan yang ada, kami mengadakan kemah 3 hari di Gunung Gede, Bogor. Gak se-ekstrem yang kalian bayangkan. Tempat kami kemah memang merupakan Bumi Perkemahan. Jadi mau naik-naik gunung pun sudah dibuatkan undakan batu.

Hari sudah gelap dan hujan mengguyur saat kami tiba. Kami pun naik dengan susah payah dan basah kuyup dengan membawa segala peralatan berkemah. Suasana yang dingin menusuk, membuat udara yang keluar masuk saat kami bernafas dan berbicara membentuk gumpalan uap. "kayak di film-film korea ya.." ujar salah satu kawan.

Tapi, taukah kamu kenapa harus ada gunung di bumi ini?

proses terjadinya gunung
Banyak orang yang bilang gunung adalah pasak bumi. Hmm, kenapa ya?

Kerak bumi, yang kita pijak selama ini, ternyata tidaklah diam. Ia bergerak di atas lempeng bumi yang lain yang di sebut mantle (jaket) yang massa-nya lebih padat dari kerak bumi. Nah, jika tidak ada yang sesuatu yang mampu mengendalikan pergerakan tersebut, maka goncangan dan gempa terus menerus akan terjadi di bumi ini.

Inilah salah satu peran gunung, strukturnya yang menancap jauh ke kerak bumi mampu mengurangi pergerakan yang ada di bawah permukaan tanah, sehingga goncangan akibat pergerakan bisa dicegah atau di-minimalisir.

Sekian aja yang mau aku share, kalau ada salah, atau ada sumber yang lebih lengkap, silakan tinggalkan jejak, hihi.. ^^

source:

1 comment:

  1. joss baru tau. dan saya menyukai tempat ini :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca....^^