Bumi Indonesia

Aku tidak menyesal kesasar di kantorku yang sekarang ini 2 tahun yang lalu. Walau dulu awalnya tidak menyenangkan (mungkin karena adaptasi dari lingkungan akademik ke lingkungan perusahaan, of course kebiasaan dan suasananya beda). Tapi kemudian, dari sini lah, aku mendapat pengalaman "jalan-jalan" alias tugas dinas ke beberapa kota di Indonesia.




Padang, Sumatera Barat
Di kota inilah, tugas dinasku pertama kali di akhir tahun 2010. Tempat wisata yang bisa dikunjungi disini salah satunya adalah Jam Gadang yang ada di Bukittinggi. Pusat oleh-oleh, museum Bung Hatta juga ada disana.


Payakumbuh, Sumatera Barat
Kota ini cukup jauh dari kota Padang, sekitar 4 jam dari Padang, dan melewati Bukittinggi. Perjalanan kesana, mendaki gunung dan sisinya ada jurang x_x. Tempat wisata yang bisa dikunjungi disana adalah Lembah Harau dengan air terjunnya.



Palembang, Sumatera Selatan
Waktu tugas dinas kesana, aku hanya mampir di Jembatan Ampera. Dulunya bagian tengah Jembatan Ampera ini bisa diangkat jika ada kapal-kapal lewat di bawahnya. Namun sejak tahun 1970, aktivitas ini  tidak dilakukan lagi.


Selain jembatan ampera, bisa juga singgah ke GOR Sriwijaya, kompleks olahraga yang baru-baru ini dibangun untuk Sea Games.


Palangka Raya, Kalimantan Tengah
Kalau berkunjung ke kota ini, jangan lupa sempatkan melihat Monumen Peletakan Batu Pertama pembangunan kota Palangka Raya, sekaligus menjadi penanda titik tengah Indonesia yang diresmikan oleh Ir. Soekarno.

monumen peletakan batu pertama
kain yang bisa dibeli disini


Surabaya-Madura
Pertama kalinya lewat di atas jembatan Suramadu, sayangnya, kendaraan tidak diperbolehkan berhenti di atas jembatan ini. Jembatan ini melintasi Selat Madura. Dan jembatan ini merupakan jembatan terpanjang se-Indonesia untuk sementara ini.


Makassar, Sulawesi Selatan
Pantai Losari lah yang terkenal di kota ini, terletak di sebelah barat kota. Dan di sekitar sana sudah banyak berjejer rumah makan yang akan menyajikan berbagai macam masakan laut.
Agak ke selatan sedikit (kalo gak salah) dari pantai, ada Trans Studio Makassar. Mall sekaligus wahana bermain indoor. Tiket masuk waktu kesana (2012) adalah IDR 150000.

wahana di trans studio
salah satu view di pantai losari
Semarang, Jawa Tengah
Walau ini dekat dengan domisiliku yang sekarang, tapi jarang-jarang aku bisa keluar jogja (ke Solo aja aku belum pernah, hiks..). Kalau mampir kesini, cobalah mampir ke Kota Tua di Semarang, aku lupa letak tepatnya dimana. Dan oleh-oleh yang bisa dibawa dari sini ada bandeng presto, hehe.



Dan, di setiap pergi ke beberapa kota, aku selalu mencari kain batik dengan motif khas sana buat kenang-kenangan kalau pernah kesana. Mumpung belum menikah, pergi-pergi keliling Indonesia, kalau sudah menikah, semoga ada rezeki pergi ke negara tetangga sama suami #uhuk.


Langit luas terhampar
Membentang cakrawala
Itulah persadaku
Permata khatulistiwa
Bertabur suku bangsa
Ragam macam budaya
Seribu perbedaan
Tak merubah bangsaku
Kehormatan hanya untuk Bumi Indonesia
~Kahitna - Bumi Indonesia~

Komentar

  1. waaahhh ada curug... ngiler liatnya....
    losari jg bagus...

    wah melanglang buana. aku mbok dicritain ta

    BalasHapus
  2. jadi? kapan nikah trus jalan2 ke negara tetangga? *uhuk

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca....^^