Syntax To Delete All Found Files

Karena di kantorku semua perangkat komputer terkoneksi dengan jaringan. Dan pertukaran data sudah sangat biasa kami lakukan dengan menggunakan jaringan (gak pake device penyimpanan tambahan, seperti flashdisk), dan tentunya, komputer akan sangat riskan kemasukan file-file yang tidak diinginkan [baca: virus] (dengan syarat dan ketentuan berlaku tentunya... :D).

Untuk pengguna linux, file virus itu mungkin gak berpengaruh terhadap sistem, tapi sangat mungkin berpengaruh terhadap kerapihan struktur folder dan space disk (ini sih aku aja kayanya yang merasa terganggu..haha..).

Yak, karena ada satu folder yang aku shared dengan hak akses penuh (orang lain bisa read dan write di folderku itu),
hasilnya?
Di folder tersebut pun akhirnya bermunculan file-file tidak terdefinisi dengan ekstensi *.lnk.
Arrgghh..


Betapa terganggunya aku. Seolah mengotori folder-folder yang sudah ku susun sedemikian rupa, disesuaikan dengan file yang tersimpan disana, dan sekarang harus kemasukan file yang tidak sesuai dengan judul folder-ku (ini gak termasuk perfectionist kan ya? :D).

So, jalan satu-satunya adalah menghapusnya. Tapi gak mungkin kalo aku hapus satu per satu di setiap folder. Buanyak banget folder yang kena invasi dari si file itu.


Dan solusinya adalah menghapus seluruh file yang ditemukan dengan kata kunci *.lnk. Setelah tanya kawan sebelah sintaks untuk menghapusnya, akhirnya, hilang deh semua file berekstensi *.lnk, hehe...

Sintaks untuk menghapusnya ada di bawah ini:

find -type f -name '*.lnk' -delete



Sekian :D

Komentar

  1. ak tambahin.
    $ find -type f|d -name 'name' -exec rm -rf {}\;

    afaik -delete kadang g jalan di beberapa distro linux :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini dia yang ngasih tau aku... (akhirnya komen juga :p)

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca....^^