Asal Kata Hoax

Akhir-akhir ini sering banget, di salah satu jejaring sosial, ada yang nge-share berita-berita yang bisa dikategorikan hoax. Bahkan ada juga yang nge-share lagi berita hoax yang booming di tahun 2007 (udah lama banget itu...).

Dan ngomong-ngomong soal Hoax, dulu sekali (ya.. sekitar tahun 2011 lah), aku pernah kesasar ke blog ini, xfile-enigma.blogspot.com, dan menjadi pembunuh waktu luangku di kantor untuk baca semua postingannya yang dimulai dari sekitar tahun 2009. Pasti bagi para pecinta cerita misteri,  cryptozoologi dan kawan-kawannya tau blog tersebut. Yak, dan dari sanalah aku baru tau, asal mula kata hoax (sayangnya, aku kesulitan menemukan artikelnya lagi di blog nya bang enigma, saking banyaknya, dan aku lupa kata kuncinya, akhirnya, cari link sumber lain yang mengarah ke sumber yang sama). 


Kata Hoax berasal dari sebuah film amerika tahun 2006 yang berjudul The Hoax. Di angkat dari buku dengan judul yang sama yang ditulis Cilfford Irving. Bukunya sendiri berfokus pada biografi dari Irving sendiri.


Banyak kejadian dan kisah yang diuraikan dalam buku, diubah atau dihilangkan dari film. Oleh karena itu, Irving pun meminta untuk menghilangkan namanya dari film tersebut, karena sudah tidak sesuai dengan novel aslinya.

Sehingga akhirnya, banyak orang menganggap film tersebut mengandung banyak kebohongan. Dan kemudian, orang-orang menggunakan kata hoax untuk menggambarkan suatu kebohongan. Kata hoax ini pertama kali booming  di kalangan netter di Amerika.

--CMIIW--

source sementara:
http://rohis-facebook.blogspot.com/2011/06/asal-mula-kata-hoax.html
(kalo aku udah nemu link aslinya, aku update deh.. :D)

Komentar

  1. no sumber = hoax !! :))

    * tendang dyah, ngomongin hoax malah hoax sumbernya

    BalasHapus
  2. huaaaa, aku ditendang mas dian... :( :(
    di wiki juga ada, cuma tak sertakan linknya..haha...
    *ganti nendang mas dian :p

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca....^^