iSpin Yang Bikin Spin :(

update 21 Maret 2013 !!

Salah satu mata kuliahku (Validasi dan Verifikasi) mengharuskanku meng-install satu  tool yang umum dikenal sebagai Spin Model Checking. Tool ini digunakan untuk melakukan pengecekan model dari suatu sistem. Tool ini juga bisa digunakan untuk mengecek suatu topologi jaringan sudah benar atau belum (katanya...).

Tool ini (namanya iSpin, ada juga tool lainnya, tapi aku lupa nama tool nya apa aja, :D) disediakan gratis, dan bisa di-download  di http://spinroot.com/. Disediakan untuk windows, linux dan mac.

Nah, dari sanalah aku mulai permasalahan. Sudah ku download tool tersebut dari situsnya, sudah ku install juga package tcl dan tk yang menjadi salah satu syarat untuk bisa menjalankan iSpin. Seharusnya (menurut file pentunjuknya), ispin sudah bisa dijalankan, tapi sayangnya, aku dapat surat cinta :(

No executable spin found...
iSpin requires Spin Version 6.0 or later


Arrrrggghh, apa ini? Aku kembali lihat petunjuk installing-nya. Sepertinya tidak ada yang terlewat.

"compiler C nya udah di-install belum mbak?" Salah satu kawan sekelas yang aku gak tau namanya tanya :D

Setauku, linux mint memang sudah include dengan compiler C nya deh (terbukti, karena dulu pernah bikin program C buat tugas kuliah).
Aku nyari di forum pakai kata kunci dari pesan yang muncul, tetap aja gak ada yang bahas. Pasrah, aku menanti mastah untuk meng-analisis permasalahanku.

anybody knows? :(

UPDAAAAATEEE...
Akhirnya, bisa juga aku jalankan spin-ku. Thanks for my mastah, akang Abimayu Anggoro, you are my one stop asking question masalah linux, hahaha...

Permasalahannya, adalah, gara-gara aku belum instal spin yang console. Aku gak paham juga sih, jadi, aku kasih log percakapanku sama si mastah aja, :D

(05:03:05 PM) Abimayu Anggoro: jadi download-an ente seperinya belum sempurna
(05:03:09 PM) Abimayu Anggoro: klo blum install spin
(05:04:14 PM) Abimayu Anggoro: harusnya setelah install spin dulu
(05:04:19 PM) Abimayu Anggoro: iSpin yang GUI
(05:04:23 PM) Abimayu Anggoro: spin yang console
(05:04:28 PM) Abimayu Anggoro: nah yang GUI butuh console
(05:05:33 PM) Abimayu Anggoro: file /MASTER/Isi-Linux/Spin-/spin
(05:05:41 PM) Abimayu Anggoro: itu adalah binary spin
(05:06:08 PM) Abimayu Anggoro: yang didownload dari http://spinroot.com/spin/Bin/spin624_linux32.gz
(05:06:36 PM) Abimayu Anggoro: lalu di
gzip -d spin624_linux32.gz
(05:06:50 PM) Abimayu Anggoro: hasilnya
spin624_linux32
(05:07:26 PM) Abimayu Anggoro: lalu file itu di taruh di /usr/bin dengan perintah
cp spin624_linux32 /usr/bin/spin
(05:07:39 PM) Abimayu Anggoro: perintah diatas mengopy sekaligus menamai jadi spin
(05:08:29 PM) Abimayu Anggoro: nah /MASTER/Isi-Linux/Spin-/Spin/iSpin/ispin.tcl
(05:08:37 PM) Abimayu Anggoro: adalah file untuk menjalankan GUI nya
(05:08:45 PM) Abimayu Anggoro: tapi butuh spin under console tadi
(05:08:59 PM) Abimayu Anggoro: trus jadi deh
(05:09:01 PM) Abimayu Anggoro: bisa
(05:09:10 PM) Abimayu Anggoro: gitu ceritanya



Ya..ya..ya.. hari yang sibuk waktu aku update posting ini. Mulai dari nyiapin laptopku supaya bisa di-remote dari jauh, ya juga ketemu client, and finally bisa jalan juga ispin-nya. (kalimat penutup ku kok gak nyambung gini yak,,, ┐(ˇ.ˇ")┌)

Komentar

  1. Balasan
    1. udah kang,,, haha... makasih sangad lah...
      saudara paling baik deh ente nih.. ;)

      Hapus
    2. tambahan untuk detail kenapa muncul error "No executable spin found"

      dikarenakan binary spin belum di install, nah installnya dari perintah gzip tadi.

      Kemungkinan panduan di iSpin nya ada yang kelewat, sehingga spin belum ke install.

      Hapus
    3. Mantab kali Abang kita satu ini... Smg wisudanya tahun ini.. Aamiin...

      Hihi...

      *kabuuuurrr.....

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca....^^