Handphone atau Cell Phone?

Dulu, dosenku S1 Pemrograman Aplikasi Mobile, pernah bilang bahwa kurang tepat menggunakan istilah handphone untuk hand-held dengan fitur telepon dan sms itu (plus fitur lainnya tentunya). Dan ketika aku diminta untuk mengajar Pemrograman Aplikasi Mobile di kampusku, maka itu jugalah yang aku katakan pada mahasiswaku.

Handphone, kalau menurutku adalah sebutan untuk semua perangkat komunikasi yang digenggam, termasuk telepon rumah tanpa kabel itu pun bisa disebut handphone, hehe.
Karena aku penasaran dengan apa sebenarnya pengertian dari handphone itu, maka lagi-lagi, kutanyakan pada mbah google. Dan, tau apa yang kudapat? Hampir sebagian besar web yang dirujuk adalah iklan berbahasa Indonesia. Hmm, dari situ, aku mungkin bisa menarik kesimpulan, bahwa istilah handphone ini hanya populer di Indonesia. Karena di luar sana, hampir sebagian besar menyebutnya sebagai cell phone atau mobile phone.

Terus apa dong Dy istilah yang tepat?

Telepon seluler (atau biasanya disingkat dengan ponsel) menurutku istilah yang tepat. Mengapa? Seperti pengertiannya, telepon seluler atau cellular phone ini merupakan alat komunikasi dimana pengguna memiliki koneksi wireless dari telepon mereka ke tramsmitter terdekat.
Mengapa disebut cellular? Karena service areanya dibagi menjadi area-area kecil ('cell'), dimana seiring pengguna berpindah tempat, maka panggilan akan terus ditransfer ke transmitter yang ada pada area tersebut.

Dan sekali lagi, ini pendapatku lho, silakan-silakan aja yang punya pendapat lainnya.. ;)



sources:
http://en.wikipedia.org/wiki/Mobile_phone
http://www.definitions.net/definition/cellular+phone

Komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca....^^