Gedung Pusat UGM

Setelah hampir 2 minggu duniaku hanya selebar jarak antara kantorku dan gedung pusat UGM, akhirnya aku menjejakkan kaki lebih lama dikantorku ini #terharu. Yah demi "tugas negara" dari kantor yang harus aku emban dengan sepenuh hati.

Yang mau ku ceritakan bukan masalah aku ke UGMnya, tapi tentang sejarah Gedung Pusat UGM. Duluuuuuu sekali aku pernah baca artikel tentang sejarah gedung pusat UGM ini. Menurut artikel yang aku baca, gedung pusat UGM ini adalah gedung modern pertama yang dibangun di Indonesia saat itu. Dan, Ir. Soekarno sendirilah yang mengkonsepnya.

Alasan Ir. Soekarno mendirikan gedung tersebut adalah karena pandangan beliau bahwa Indonesia perlu memiliki sebuah universitas. Pendirian universitas pertama di Indonesia ini pun disambut baik oleh Sultan Hamengkubuwono IX, bahkan beliau menyumbangkan tanah miliknya untuk pendirian bangunan ini. Bangunan ini diresmikan pada tanggal 19 Desember 1959 oleh Ir. Soekarno sendiri (sayangnya, aku lupa ambil gambar tegel peresmian bangunannya yang menempel di dinding ruangan balai senat UGM, padahal, acaraku kemarin disana..).

(bukan aku yang ambil gambar :D)

(bukan aku yang ambil gambar :D)


sumber lainnya: http://nationalgeographic.co.id/berita/2011/12/gedung-pusat-ugm-bangunan-modern-pertama-di-indonesia

Komentar