Thursday, November 29, 2012

Happy Birth Day Hilmy

Yak, hari ini, kawanku sejak bayi *halah* milad,

Happy many return... met milad mimy.. semoga umurnya berkah

Kawanku ini anak guru ngajiku dulu. Dulu SMP, aku sering pulang bareng sama dia dan 2 kawan lainnya, sampai di bilang Teletubbies (karena berempat dan anggotanya 2 cewe 2 cowo).

SD dulu, hobinya dia adalah bikin pesawat kertas (bareng sama kawanku yang satu genk teletubbies itu). Diterbangkan kesana kemari, meleok dengan gak indah di udara (haha..), yang akhirnya aku bilang kapal nyamuk (entah dulu apa maksudnya aku bilang kapal nyamuk, hihi).

Dan kenakalan yang paling berkesan dari dia adalah saat SMP (lagi-lagi kami satu sekolah). Kelas 2 SMP, kelasku masuk pagi, dan kelas dia masuk siang (ini karena kelasnya kurang, hihi). Kami menggunakan kelas yang sama. Dan saat itu, hari jumat, jadwalku piket kelas, makanya aku datang paling pagi ke kelas. Aku minta penjaga sekolah bukakan ruang kelasku. Dan apa yang ku temukan?

Menunggu Turunnya Hujan

Bayangnya, selalu aku ikuti...
Kemana ia melangkah,
bagaimana ia berlari..

Dan ketika sinar mentari,
tersibak dari baliknya mendung,
Semakin jelaslah bayang itu..
Anggun dengan jilbabnya yang terurai,
tersenyum ramah menyambut sang mentari..


Handphone atau Cell Phone?

Dulu, dosenku S1 Pemrograman Aplikasi Mobile, pernah bilang bahwa kurang tepat menggunakan istilah handphone untuk hand-held dengan fitur telepon dan sms itu (plus fitur lainnya tentunya). Dan ketika aku diminta untuk mengajar Pemrograman Aplikasi Mobile di kampusku, maka itu jugalah yang aku katakan pada mahasiswaku.

Handphone, kalau menurutku adalah sebutan untuk semua perangkat komunikasi yang digenggam, termasuk telepon rumah tanpa kabel itu pun bisa disebut handphone, hehe.
Karena aku penasaran dengan apa sebenarnya pengertian dari handphone itu, maka lagi-lagi, kutanyakan pada mbah google. Dan, tau apa yang kudapat? Hampir sebagian besar web yang dirujuk adalah iklan berbahasa Indonesia. Hmm, dari situ, aku mungkin bisa menarik kesimpulan, bahwa istilah handphone ini hanya populer di Indonesia. Karena di luar sana, hampir sebagian besar menyebutnya sebagai cell phone atau mobile phone.

Terus apa dong Dy istilah yang tepat?

Saturday, November 24, 2012

Give an Action to Implicit List

Siang ini, aku nge-les-in 2 mahasiswa yang mau belajar J2ME (ternyata masih ada ya yang mau belajar J2ME, kirain udah kegusur sama android). Nah, materi hari ini aku kasih tentang List. Ternyata, di blog ini, aku belum pernah nulis tentang list IMPLICIT.

List IMPLICIT ini agak berbeda dari saudara-saudaranya yang lain (EXCLUSIVE dan MULTIPLE). Pada list dengan tipe IMPLICIT ini, kita bisa langsung memberikan aksi pada list tersebut tanpa perlu bantuan item COMMAND (semacam button di J2ME), dengan menggunakan SELECT_COMMAND. Berikut sintaks lengkapnya.


Thursday, November 22, 2012

I Wanna Call You

-- perjalanan pulang dinas dari Semarang ke Yogyakarta, ditemani hujan. Saat itu aku yang juga lagi chat dengan kawan, jadi punya inspirasi nulis lagi, hahay --


Di langit yang mengggelayut mendung..
Kau, yang berdiri jauh disana,
Merentangkan tanganmu,
dan tersenyum menatap langit mendung yang mulai menjatuhkan rintik hujan..

Ingin rasanya aku ikut tersenyum bersamamu
Tapi apa kau akan mengizinkannya?

Ingin rasanya aku memanggil namamu,
Tapi hanya ku teriakkan dalam  hati...

Can you hear me?
I call your name silently in my heart..
Hope you here, close to me..
And dancing with this rain

Tuesday, November 20, 2012

Korban Ke-12 [Ini Tentang Phone Connector]

Aku bukan penjahat, percayalah.
Tapi,,, aku pun meragukan kalimatku yang diatas, haha. Ya..ya..ya... Entah sudah yang keberapa kalinya, KABEL (aku tebelin dan uppercase, biar menegaskan) ini putus ditanganku (aku memang penjahat kabel).

Setelah sekian lamanya aku tidak berinteraksi dengan yang namanya kabel earphone, dan berharap, lamanya tidak berinteraksi itu membuat hubunganku dengan kabel akan membaik. Ternyatahh (pake "H"), aku memakan korban lagi, aarrgghhh...

korban ke-12
Earphone ku -- yang ke-12 kalinya ganti ini -- pun akhirnya putus juga kabelnya. Setelah aku merasa sangat kehilangan tikus biruku, yang jadi pelengkap tim biruku karena alasan yang sama, kini, aku harus rela kehilangan earphone kuuuuu. Huaaaa... #nangis-guling-guling

Monday, November 19, 2012

Someday...

Jika kelak...
Suatu hari nanti, waktu mempertemukan...
Izinkan ku menatap wajahmu lebih lama..

Jika kelak...
Suatu hari nanti, waktu berbaik hati mempercepat pertemuan kita...
Izinkan ku mencari alasan sebanyak mungkin untuk tetap bersamamu...

Suatu hari nanti,
Akan ada bahu yang kuat, untukku bersandar..
Suatu hari nanti,
Akan ada tangan untuk ku genggam dan menggenggamku

Sunday, November 18, 2012

Perpustakaan Itu....

sudut koleksi asing
perpustakaan kampus kita
... adalah markas kita. Di sudut koleksi asing yang pastinya sepi, dimana disana banyak terminal untuk charger laptop kita #hahay.

Datang kepagian padahal kuliah masih 2 jam lagi, singgahlah disana.

Telat masuk kuliah, dosen sudah ngajar, dan malu untuk masuk kelas, boloslah kesana.

Kalau lagi mau UTS / UAS, janjian belajar bareng, pergilah kesana.

Ada kegiatan-kegiatan yang kebetulan kita panitianya, janjian dan rapatlah disana.

Laptop rusak, minta di-install ulang, perbaikilah disana.

Bingung cari tempat lain untuk melanjutkan obrolan di kantin, balik lagilah kesana.

Mau ngenet gratis, dan tempatnya nyaman, bisa ngobrol via chatting padahal orangnya ada di depan kita (wkwkwk, kebiasaan banget nih), sudut koleksi asing perpustakaanlah tempatnya (kok ngomongku jadi kaya iklan LPK di TV ya, hihi).

Saturday, November 17, 2012

Audio Software for Linux [aTunes]

Dapat software baruuuuuuuuuuuuu. hooray..  

Begini kronologinya #halah:
- Iseng, belum ngantuk, gak ada kerjaan (sebenarnya ada tugas, tapi malas, haha)
- browsing-browsing, lama-lama bosan
- trus tiba-tiba teringat mau editing lagu instrument, malas kalau harus pindah ke windows dan pake adobe premiere untuk ngedit.
- searching software buat edit audio di linux
- tada!, dapat list audio software for linux-nya di wikipedia. Langsung ku pilih Audacity.
- Dan tiba-tiba mataku langsung terpaku pada software yang bertuliskan aTunes disana, aku buka linknya, dan langsung jatuh hati.
- downloaaaaaaaaaaaaaaad... \(>n<)/

Friday, November 16, 2012

Mari Berbenah

Memasuki Tahun Baru 1434 Hijriyah, pastinya, kita sudah merencanakan untuk berbenah diri, menuliskan kembali target-target kita di tahun ini. Yah, walau ada target tahun lalu yang belum tercapai.

Hmm.. 1..2..3..4... Aku mulai menghitung targetku. Tahun ini, semoga bisa mencapai target yang lebih baik dari tahun lalu. Malu rasanya, saat tadi berkunjung ke salah satu kawan, melihat dan membaca apa-apa saja yang tertulis di whiteboard dinding kontrakan mereka.

".......
- Sholat dhuha, pembuka pintu rizki
- Sholat malam, penentram jiwa
- shoum sunnah
- Tilawah
....."

Kira-kira itulah yang tertulis di whiteboard dinding mereka. Mereka bisa, aku pun pasti bisa, tinggal starting pointnya yang agak berat dan harus dipaksa (Bismillah...).

Ya, mari kita berbenah..

Wednesday, November 14, 2012

Ku Temukan Kau Disini

Sekali lagi, waktu yang mempertemukan...
Disini, di tempat ini...
Detik, menit, jam, sudah aku lalui...
Sampai seakan jarum jam pun malas memutarkan waktu untukku...

Sebelumnya..
Aku tak menghiraukan setiap denting waktu yang berlalu
Hingga akhirnya waktu memisahkan..
Aku bingung...
sedih...
dan tak terbiasa akan kehilangan ini...


Tapi aku hanya bisa terdiam.....



Tuesday, November 13, 2012

Menatap Wajah Angkasa


Lagi dan lagi, di sore menjelang malam yang sedikit mendung ini, ditemani teriakan-teriakan kawan kantor yang pada main game #halah, kembali jemariku menari-nari di atas tuts laptopku, mencoba untuk menuliskan surat teruntuk dia yang masih disembunyikan Allah SWT. Ya, sebelum jemariku ku pakai untuk menari-nari ngerjakan tugas kantor dan tugas kuliah <(ToT)>.
(ʃ_⌣̀ )/||

Monday, November 12, 2012

Hangout di Cafe

Kayanya udah lama banget aku gak posting tentang kuliner. Dan sekarang, aku mau cerita tentang hangoutku bareng kawan se-genk.

Sebagai pribadi yang baik #halah#, kita kan harus memberi penghargaan dan hadiah untuk diri kita sendiri yang sudah bekerja keras menggapai mimpi. Dan penghargaan yang ku berikan pada diriku adalah dengan cara hangooouuuuut... atau sekedar duduk di cafe untuk cari koneksi (wifi hunter, haha), atau mulai hunting bento tools.

Beberapa minggu yang lalu, tepatnya pada sabtu malam, aku dan kawanku, hangout ke salah satu cafe di Ambarukmo Plaza Yogyakarta. Si kawanku ini lagi galau #again, dan ngajakin hangout anywhere, yang penting bisa curhat. Dan dipilihlah Balcony Cafe yang ada di Ambarukmo Plaza. Duduk-duduk disana, dan hanya pesan menu desert aja (waktu itu kami pesan banana split, salad florida, hot chocolate dan air mineral).

 

Saturday, November 10, 2012

Those Seeds are My Dreams


Nobody can stop the flow of time...
everyday, we always have to make a choice..
make a decision that could lead us to another choices..
that is our life...

Friday, November 09, 2012

Indah Pada Waktunya...



The person you choose to be your partner in life should be someone who will help you to do the right things and make the right decisions

someone who can uplift you morally and who will always remind you that Allah is sufficient for you in times of trials

someone who will remind you of Allah and the fact that you are going to stand in front of Him alone one day

someone who helps you be a better and stronger you ♥



Ya..ya..ya.. sekali lagi aku hanya bisa tersenyum saja melihat kegalauan teman-temanku yang di-ekspresikan dengan berbagai cara. Entah kenapa bulan ini banyak sekali yang menikah. Sampai sekarang aku sudah menerima 4 undangan yang pelaksanaannya berdekatan bahkan ada yang sama, sungguh membuatku galau (galau, sumbangannya gimana ini? #eh). Maka, bolehlah aku menarik kesimpulan bahwa bulan ini adalah bulan GALAU #penting gak sih kesimpulan ini? haha.

Thursday, November 08, 2012

All I Can Do...


Setelah hampir seminggu aku jadi orang sok sibuk, di akhir pekan kemarin (ya walau juga cuma sebentar) menyempatkan diri baca buku yang segede gaban (jangan tanya kenapa harus gaban? :p). Judul bukunya itu Service-Oriented Architecture, dipinjami sama pak bos untuk dibaca. Dan disana, ku temukan DTD (Document Type Definitions).

Di artikel sebelumnya, aku pernah menyinggung masalah DTD, dimana kita bisa menggunakan CFG untuk mendeskripsikan format dokumen melalui DTD ini.

DTD termasuk salah satu jenis teknologi XML. Di dalam DTD ini, kita bisa mendeklarasikan  tipe dan atribut dari sebuah element, membangun relasi parent-child antara tipe-tipe element, dan meng-assign tipe data sederhana dan aturan validasi.

Kayanya cuma itu yang bisa aku review sekarang, haha.. #postingan gak jelas 

Tuesday, November 06, 2012

Gedung Pusat UGM

Setelah hampir 2 minggu duniaku hanya selebar jarak antara kantorku dan gedung pusat UGM, akhirnya aku menjejakkan kaki lebih lama dikantorku ini #terharu. Yah demi "tugas negara" dari kantor yang harus aku emban dengan sepenuh hati.

Yang mau ku ceritakan bukan masalah aku ke UGMnya, tapi tentang sejarah Gedung Pusat UGM. Duluuuuuu sekali aku pernah baca artikel tentang sejarah gedung pusat UGM ini. Menurut artikel yang aku baca, gedung pusat UGM ini adalah gedung modern pertama yang dibangun di Indonesia saat itu. Dan, Ir. Soekarno sendirilah yang mengkonsepnya.

Sunday, November 04, 2012

List Element of "Run As" Doesn't Appear [Eclipse]

Setelah sekian lama aku mengabaikan aplikasi eclipse ku ini, mulai deh banyak errornya, ngambek dia. Mulai dari ADT yang udah  ketinggalan zaman (masih pake versi 17, padahal udah sampai versi 20), platform-tool Android yang minta di-update, sampai akhirnya menemukan permasalahan utama. Aku gak bisa running android project ku, karena opsi untuk "Run As" (yang biasanya terisi "Android Application", "Java Application" dan kawan-kawannya) MENGHILANG... Щ(ºДºщ)

Muncul deh "surat cinta" dari si eclipse, bilang:
"An internal error occurred during: "Compute launch button tooltip". org/eclipse/cdt/core/model/CoreModel". Ah, apa pula itu...

Thursday, November 01, 2012

Dan Spektrum Itu pun Membias...


~posting edisi curcol, ku tulis ini di sela waktu istirahat~

Entah aku harus menunjukkan ekspresi seperti apa, ketika sore kemarin, temanku Febri memanggilku. Aku baru saja tiba di kantor sore itu setelah menjalankan "tugas negara". I feel something weird with her smile, with her eyes. Dan akhirnya ia berucap:

"Dyah, aku pamit ya... aku resign, hari ini terakhir kerja..."

Aku hanya bisa tersenyum sinis, dan tanpa terasa air mataku mengalir.

"Dyah jangan nangis dong,, nanti aku ikutan nangis.." Ku lihat air matanya juga mengalir.

Tiba-tiba saja semua kenangan kami pernah perjalanan dinas bersama di Padang menyeruak di kepala. Kenangan waktu pindah-pindah hotel, waktu sibuk-sibuknya implementasi smartcard di UNAND *sampai ada cerita tentang "duplikat" itu, hehe*, waktu nyasar sampai ke padang bagian Timur, waktu makan durian dan aku *yang gak suka durian* jadi sie dokumentasi. Hmmmm...