Instal Driver Wireless di Linux Mint

Seperti yang udah di ceritakan di sini, bahwa belum berapa lama, aku install ulang linux ku dari ubuntu 11.10 ke Linux Mint 13 Maya (yang katanya Long Time Support). Dan seperti kebiasaan sehabis install ulang linux (aku udah berkali-kali install ulang linux, dari mint 7 > mint 8 > mint 9 > mint 10 > mint 11 > ubuntu 10.04 > ubuntu 11.10 dan yang terakhir MINT 13 ~makasih buat kawan2 yang udah bersedia direpotkan untuk instal ulang :D~).

Aku gak ngerti kenapa wireless-nya ga detect, kalau dari yang dulu-dulu, karena driver nya perlu di install sendiri. Dan problemnya, aku gak ngerti cara install drivernya, dan nama drivernya juga aku gak tau (maklum yah, cuma bisa pake ga bisa ngoprek.. :D). Ku tanya sama mastah-nya, ternyata si mastah tak ada pulsa, ku tanya solmetnya, tak ada balasan.

Akhirnya,
aku cari sendiri, dan ini dia pelakunya, yang bikin si driver gak bisa di-aktivasi:


Jangan sampai aku lupa lagi... :D

Komentar

  1. sepertinya linux mint 13 tidak menyertakan paket driver wireless broadcom saat instalasi, sehingga harus manual update ke repo.

    # paling gampang memahami, ketika fresh install,
    # cek paket yang keinstal di synaptic)
    # apa - apa aja yang udah keinstall
    # kan ga mungkin ber-giga giga repo ketika install
    # jadi menurut pengembang yg perlu aja.

    "dan paling beruntungnya, laptop ente kedapetan ga terdetek driver nya"

    hehehe,
    btw. good job..

    BalasHapus
  2. Driver Wireless MINT untuk Broadcom sejak dahulu kala memang jarang langsung masuk, lupa karena apa. Blacklist apa ya? :D
    Jd kalo ketemu masalah ini lagi, yg penting ingat nama wirelessnya (Broadcom), tinggal cari di package manager, install deh.. ;)

    Kalo kata Abi: "# cek paket yang keinstal di synaptic)"
    Klo ga hafal dan banyak, ribet juga ya. :D
    Yang penting ada Google API-nya, #eh... :p

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca....^^