DNS oh DNS

Kemarin sempet sebel juga karena modemku bermasalah. Permasalahannya adalah, aku gak bisa browsing, padahal disana statusnya adalah "Internet Access". How come...??

Sedikit emosi tingkat tinggi *bener-bener tingkat tinggi, hampir aku lempar modemku ke sudut ruangan, ups.. :D* aku coba benerin sendiri. Tapi tetep gak bisa. Nyerah, aku minta bantuan sama si mastah linux, akang abim. Dia bawa modemku, kemudian dia sita juga laptopku, dan..

"Dek, di tempat ane, modem ente lancar jaya, ane bisa browsing-browsing tuh, kayanya ada masalah sama DNS di laptop ente, cache DNS settingan dari kantor masih kesimpen, jadinya conflict tuh.."

Aku hanya bisa mengangguk-angguk bingung. "Terus solusinya gimana kang?"

Kalo di Linux, ente coba konekin modem ente pake console. Jalanin perintah ini:
sudo pppd call gsm

Habis itu ente tulis primary server sama secondary server yang ada disana ke file resolv.conf pake perintah ini:
sudo nano /etc/resolv.conf

terus tambahin deh server yang tertampil disana, misal:
nameserver 4.2.2.1
nameserver 4.2.2.2

Kalo di Windows, ente restart DNS Clientnya.
Klik kanan Computer, pilih Manage, terus pilih Services. Cari service DNS Client, habis itu di restart, nanti coba konekin lagi.

"Kalo mau tau udah konek apa belum, ngeceknya pake ping ke alamat lain, misal ping yahoo.com"

Selesai sudah si mastah ngasih kuliah singkat. Hasilnya? Alhamdulillah, bisa lagi. Semoga aku tak bermasalah lagi dengan modemku ini.

Komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca....^^