WAMP and Skype Conflict

Alasan kenapa aku tulis artikel ini, karena aku mengalaminya sendiri hari ini. Yak, aku ga bisa jalankan apache dari WampServer, padahal untuk mysql sendiri sudah running.
"di block sama anti-virusmu mungkin" kata salah seorang teman kantor. Dia menyarankan untuk meng-instal ulang WampServer. Tapi, karena aku penasaran dan gak mau repot-repot instal ulang (hehe...), aku googling, dan akhirnya dapat satu artikel.

Menurut artikel tersebut, salah satu penyebabnya karena SKYPE. Karena Skype meng-akses port yang sama (port 80) dengan apache, sehingga tidak bisa dijalankan dalam waktu yang bersamaan. Jika kita menjalankan WampServer terlebih dulu baru Skype, mereka bisa dijalankan bersamaan, tapi jika yang dijalankan Skype duluan baru WampServer, jangan berharap Apache berbaik hati untuk running.

Ada beberapa cara untuk menyelesaikan masalah ini silakan pilih salah satu:
1. Configurasi ulang untuk port apache, diganti menjadi selain port 80/443
2. Pada Skype, pilih Tool > Options, kemudian pilih Connection. Untick pilihan "use port 80 and 443 as alternative incomming ports"
3. Jalankan WampServer terlebih dahulu, barulah Skype

Semoga bermanfaat...

Sumber: Source 1

Komentar

  1. Good Answer. Me too giving 3 way solution for WAMP and Skype Conflict. See-> http://www.steptoinstall.com/install-both-wamp-and-skype-conflict-windows-3-ways.html

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca....^^