Thursday, January 27, 2011

Life is an Adventure



I want to live my life to the absolute fullest
To open my eyes to be all I can be
To travel roads not taken, to meet faces unknown
To feel the wind, to touch the stars
I promise to discover myself
To stand tall with greatness
To chase down and catch every dream
LIFE IS AN ADVENTURE



Tuesday, January 25, 2011

7 Kebiasaan yang Efektif

Gara-gara bikin posting yang sebelumnya, aku jadi ingat punya catatan secuil inti dari buku yang pernah aku baca waktu zaman SMA dulu, 7 Habits of Highly Effective People. Begini nih isi catatanku:

Jika kita mau membentuk kebiasaan kita, maka kebiasaan kita akan membentuk diri kita.

1. Proaktif, Tidak Reaktif
Harimu bisa menjadi hari yang bahagia atau menjengkelkan tergantung pada bagaimana responmu terhadap segala sesuatu yang kamu temui setiap hari.
Reaktif: Kebiasaan untuk menyalahkan hal lain untuk dijadikan kambing hitam.
Proaktif: Kebiasaan untuk selalu menanggung semua tanggung jawab atas segala yang kita alami.

Rawatlah Hatimu


"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)



Rawatlah hatimu dengan:

1. Memenuhi janji
2. Melakukan kebaikan-kebaikan kecil
3. Bersikap Jujur
4. Bersikap lembut
5. Mendengarkan
6. Bersikap setia
7. Mengatakan kamu menyesal

Sourcenya aku lupa..hehe, 7 Kebiasaan efektif bukan ya? CMIIW

Monday, January 24, 2011

Java Specification Requests - List of All JSRs

"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)


JSR, biasanya digunakan sebagai acuan sebuah ponsel bisa di-instal dengan aplikasi yang kita buat atau tidak. Misal, kita ingin membuat aplikasi yang salah satu teknolgi yang digunakan untuk komunikasi adalah Bluetooth, maka, ponsel yang digunakan adalah yang memiliki spesifikasi JSR 82.  Kalau ingin membuat aplikasi semacam file explorer, maka ponsel yang digunakan harus memiliki spesifikasi JSR 75.

Untuk melihat semua daftar JSR yang ada, silakan lihat link yang di bawah ini:
List of all JSRs.

Kamu Sangat Berharga


"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)



Kamu bukanlah apa kata orang
Kamu bukanlah bagaimana yang terpancar dari teman2mu
Kamu berharga
Bahkan tanpa prestasi atau keterampilanmu
Kamu tetap berharga
Kelahiran dirimu ke dunia inilah yang membuatmu tak ternilai
Kamu ada
Kamu hidup
Dan itu sudah cukup untuk memperjuangkan keberadaanmu
Jangan merasa rendah diri
Alloh tidak pernah membuat produk massal
Dia membuatmu secara personal
Buktinya, hanya ada Einstein di dunia ini
Hanya ada satu Da vinci
Satu Bethoven
Satu Bill Gates
Dan, Hanya ada satu kamu

Source

Friday, January 21, 2011

Kita, sahabat selamanya

"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)


Kutuliskan ini spesial for Ismi, sukses ya di Bangka Belitung, untuk Pipit juga yang ada di Taiwan. 

Rasanya baru kemarin kita bertemu di semester 1 kuliah kita. Berkenalan tanpa sengaja di perpustakaan bersama richie dan evi karena aku bolos kuliah (haha, ups). Dan semakin akrab waktu kita Nonton Bareng di onegai sama richie. Dan persahabatan ini semakin kuat saat kita sudah saling berkenalan dan berkumpul dengan teman lain, Bundo, ella, pipit, mbak riris. 7 Segment, kalian adalah sahabat terbaik yang aku punya. Kita tertawa bersama, kita pun pernah menangis bersama (dan membuat orang lain menangis juga, masih inget gak?). Seluruh tempat di yogyakarta (ga semuanya sih, hihi) ini seperti taman bermain kita, kita ber-ekspresi, berkreasi, tertawa, menangis, bertengkar, memulai mimpi, dan itulah warna dari persahabatan kita.

Wednesday, January 19, 2011

OnClickListener Interface [Android]

Sama seperti di J2ME yang memiliki interface CommandListener dan di J2SE disebut ActionListener, di Android pun memiliki interface yang berfungsi untuk menangkap semua aksi yang dilakukan oleh user, namanya OnClickListener. Masih bingung? Pertama-tama, kita buat dulu layout tampilannya, tampilan pertama dan tampilan kedua. Untuk tampilan pertama, gunakan saja result.xml yang sudah dibuat di posting sebelumnya, dan untuk tampilan yang kedua, pakai yang ini:

Tuesday, January 18, 2011

LinearLayout Horizontal [Android]

"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)


Bingung mau ngasih judul apa, jadi ku kasih aja begitu, hehe. Yak, untuk membuat tampilan aplikasi di Android kita menggunakan file XML. Secara default (ini kasusnya membuat aplikasi dengan Netbeans) LinearLayoutnya pasti bertipe vertical. Artinya, setiap object atau komponen yang ditambahkan nantinya akan tampil berurutan dari atas ke bawah. Lalu bagaimana membuat tampilan dari kiri ke kanan, misal, membuat tampilan Buttonnya dari kiri ke kanan seperti gambar di bawah ini:


Sintaksnya yang di bawah ini:

Monday, January 17, 2011

Create Array of Image Object [J2ME]

"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)


Nah, disini, akan dijelaskan mengenai array yang berupa image. Aku juga baru dapat contoh source codenya di internet, gara-garanya aku mau bikin List tapi selain nama menunya yang array, aku juga mau image array juga, biar inisiasinya hanya cukup dengan 1 baris. "Gimana caranya Dy?". Begini nih:

Make Greyscale for Image in J2ME

"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)


Setelah sekian lama bertapa, hehe, akhirnya aku temukan solusi untuk projectku di kantor. Membuat sebuah gambar menjadi hitam putih. Ya, ini juga berkat sharing dari teman-teman kantor (Thanks to mas wahyono dan mas DC untuk sharing ilmunya).
Oke, langsung aja, ini method untuk membuat gambar menjadi hitam putih (hasil googling juga).

Saturday, January 15, 2011

Belum Ada Judul, hehe

"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)



Langit biru, awan putih,
terbentang indah lukisan yang Kuasa,
--Balon Udaraku by Sherina--

Yak, itu sebagian lirik yang menggambarkan suasana pagi hari ini. Cerah, setelah sekian lama tertutup mendung. Senang rasanya karena akhirnya aku bisa jemur pakaian dari pagi (hayyah.. haha..).
Yang jelas, aku suka dengan hari ini, langitnya biru dengan sedikit awan putih, angin yang bertiup sepoi-sepoi dan jemuran yang sebentar lagi mengering.. (hayyah, jemuran lagi... haha).

Friday, January 14, 2011

Cara Mengetahui Apakah Windows Sudah Teraktivasi

"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)


Pagi tadi, entah kenapa, aku berpikir tentang perjalanan-perjalanan dinas yang akan ku lakukan dalam waktu dekat. Kemudian aku berpikir tentang pergi ke luar negeri untuk melanjutkan pendidikanku, kemudian aku berpikir tentang bandara, kemudian aku teringat tentang Police Software (atau apa ya istilahnya tuh yang ngecek windows kita legal atau gak? Menurut kabar angin, kalau misalnya gak legal laptop kita DISITA..).

Yak, dari situ, aku jadi pengen tau, gimana sih nge-ceknya. Setelah cari-cari dengan beberapa kata kunci di om google, dapat deh.

Thursday, January 13, 2011

Tikus Birukuuuu...


"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)

tikusku di atas meja kerjaku
Aku gak tau, tikusku yang sensitif atau aku nya yang error. Dari kemarin si tikus gak mau nurutin perintahku, ku geser ke kiri, dia tak bergeming, ku geser ke kanan, dia tetep keukeuh di tempat yang sama, aku puter-puter, tetep aja diem, hadeh .

Ada apa denganmu wahai tikus biruku?
Tikusku ini sudah lama menemaniku, sejak hampir satu tahun yang lalu. Aku suka dengan si tikus ini, dia melengkapi The Blue Team milikku (halah, kapan-kapan aku tunjukin foto The Blue Team). Tapi sekarang dia sudah tak bisa mendengar dan menuruti perintahku lagi, hiks…

Ke Rumah Sakit

"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)


Setelah bertahun-tahun aku dipaksa untuk segera berobat (lebay) karena sakit yang tak kunjung mereda, akhirnya kemarin, aku pergi ke Rumah Sakit S di Yogyakarta bersama temanku.

gak usah berobat deh, bentar lagi juga sembuh” kataku
Pasang wajah jutek, dia menimpali, “Perasaan dari dulu-dulu bilangnya ‘bentar lagi sembuh’, tapi sampe sekarang, ga sembuh-sembuh tuh
Aku nyengir dan pasrah di antar ke Rumah sakit.

Tuesday, January 11, 2011

File Explorer di J2ME

"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)


Pusiiiiiiiiiiiing, mungkin kata yang tepat untuk mewakili keadaanku saat ini (ceile..). Yup, sekarang aku lagi pusing bikin project mobile application. Salah satunya ada modul untuk bisa mengambil file dari memori di ponsel, dan ini, bukan satu-satunya permintaan, tapi masih ada 2 lagi yang belum ketemu solusinya.huaaaaaaaaaaaa....

Oke langsung aja ke codingnya, aku dah speechless, hiks..

Monday, January 10, 2011

Cinta adalah...

"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)

Sabtu malam kemarin, seorang teman menanyakan tentang cinta lewat pesan singkatnya.

Dek, menurut ente, cinta itu apa?

Ups, ada apa nih dengan temanku, hihi. Kalau aku boleh mengutip dari dialog Husna dan Ana dalam film Ketika Cinta Bertasbih, maka mereka menjawab:

Friday, January 07, 2011

Ponselku sayang Ponselku malang

"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)


Ya, itulah yang di alami oleh ponselku, hiks. Tau betapa malangnya ponselku?

1. baterainya sudah melembung, sudah beberapa kali  ganti, tapi dalam hitungan bulan dia melembung lagi, dan yang terakhir ini, gak aku ganti lagi, aku paksa ia untuk tetap bertahan, kasian kan?
2. Casing ponselku pun sudah hancur, awalnya hanya satu pengait casing yang patah, dan sekarang, semuanya patah, jadi betarainya gak ada penutupnya, hiks..
3. Menjelang ke pantai wediombo kemarin itu, ponselku jatuh di atas konblok, dan kacanya pecah, huaaaaaaaaaa....
Sedihnya aku melihat nasib ponselku.

Thursday, January 06, 2011

7 Segment Gathering

"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)


Kami memang suka ngumpul-ngumpul, hanya untuk bercengkrama bersama di kantin kampus atau masjid kampus. Tapi hal itu malah jadi kebiasaan kami yang sulit ditinggalkan saat itu, dan sekarang sangat kami rindukan (karena kami sudah mulai terpisah jarak). Seringnya kami terlihat bersama, membuat beberapa kawan berdecak kagum (ceile...), karena sampai semester akhir pun, kami masih bisa menyempatkan waktu untuk berkumpul (yang mungkin sulit dilakukan oleh orang lain). That's it, berkumpul bersama lama kelamaan sudah menjadi kebutuhan kami.

Dinas ke Jakarta

"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)

Hari Rabu 5 Januari 2011, aku kembali diterbangkan untuk dinas ke Jakarta, tepatnya ke Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP). Dari jogja kami berangkat naik pesawat jam 7. Tiket Jogja-Jakarta untuk 1 orang sebesar Rp. 275.000,00 (bukan dengan pesawat Garuda Indonesia ya).
Tiba di bandara Soekarno Hatta 45 menit kemudian. Dari bandara ke STIP yang terletak di Marunda, Jakarta Utara naik Taksi resmi (biasanya di bawah pengelolaan PT.Angkasa Pura) menghabiskan sekitar Rp. 117.500,00.
STIP, gedung kampus ini didesain menyerupai kabin kapal. Letaknya yang dekat dengan laut jawa membuat kampus ini tidak terlalu panas, tidak seperti kampus-kampus lain di Jakarta.

Monday, January 03, 2011

Touring, Pantai Wedi Ombo

"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)


Tahun baru, 1 Januari 2011, aku isi dengan jalan-jalan ke pantai sama temen-temen. Kebetulan, aku nginap di tempatnya Ade Wira aka Bundo bersama dengan Ella aka Elok. Dengan dibantu penunjuk jalan Wahyu N aka WN dan Yode aka edoy. Kami start dari tempat bundo jam 6 pagi (Setelah lama nunggu Mbak Lupi dan WN).