Maaf, Ikhwan Itu Pacar Saya

"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)


Oleh: Pizaro
Mahasiswa Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Gedung Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tampak tinggi menjulang, bergaya timur tengah, begitu indah di pandang mata. Di sini mahasiswa terlihat lalu-lalang mengejar waktu yang memburu. Sebagian masih asyik bersenda gurau di basement kantin, ada yang baca koran, berdiskusi, menyiapkan acara di masing-masing BEM, atau sekedar duduk melepas penat. Sedangkan Leni dan Riri asyik menyeruput jus sirsak pesanan di kantin.

Mahasiswa yang terkenal aktif di BEMJ Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) ini, juga terkenal aktif memburu berita percintaan di kalangan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, bahkan majalah Jeda pernah ingin memakainya, maklum Ratu Gosip. Ketika ada kabar yang belum tentu kebenarannya, iya justru sudah mensosialisasikan ke setiap jengkal kampus. Walaupun kerap salah dan informasinya merugikan orang lain, ia tidak juga kapok. Ya namanya berita kadang benar kadang salah, begitu gumamnya.


Hari ini benar-benar ada berita heboh yang akan menggelegar, seorang akhwat kedapatan berduaan dengan seorang cowok. Leni yang menyebar kabar itu. Tak pelak, ia yang begitu mengagumi seniornya ini yang terkenal cantik dan berkepribadian menarik, langsung luntur dalam bayangan teladannya.

Eh Riri, Masya Allah, Gue benar-benar gak nyangka Ri. Ka Ica yang begitu gua kagumi sosoknya. Ah gua benar-benar gak bisa ngomong Ri?

Slow dong Man…. Slow…, Ada apa Len, kamu mah bikin aku penasaran aja

Leni geleng-geleng kepala, mulutnya terasa tertutup rapat untuk menghembuskan barang satu kata pun. “Oh My God..

Lho emang kenapa sih Len?

Gua harap lo jangan kaget atas apa yang gua lihat tadi?"

Riri mengangguk..

Gua baru aja pengen ke kamar mandi lantai 7

Yang deket Turki Corner itu?” Potong Riri

That’s it!! Gua lihat sekilas Kak Ica lagi berduaan sama seorang cowok?

Ah biasa aja kali, mungkin ada keperluan kali, lagipula juga lo lihatnya sekilas

Leni menggebrak meja dengan emosional dan berkata “Eh masih mending kalau berduaan aja, ini pake pegang-pegangan tangan, eh emang gua gak lihat jelas muka cowoknya, tapi itu tetap cowok.

Astaghfirullah aladzim, sumpeh Lo?

Leni mengangguk kecewa.

Keesokan harinya….

Ka Ica yang terkenal berkepribadian santun di seantero UIN Jakarta, sedang bersiap-siap menuju kampus, ia kunci rapat kamar kosnya. Tasnya sangat berat, karena di dalamnya terselib buku History of Arabs karangan Phillip Kitti.

Sini aku yang bawa sayang” ucap seorang cowok berperawakan sedang. Di depan kos mereka menangkring motor Honda tahun 80an.

Ah tidak usah, aku aja yang bawa, kamu langsung aja balik, gak enak nanti dilihat banyak orang

Ya sudah malam minggu Ukhti ada di rumah kan? Aku apel ya?

Iya dong say, kan sudah jatah kamu mulai saat ini?” belay Ka Ica pada pipi sang cowok berkulit sawo mentah.

Hmm kita nonton apa Ukh?

Ayat-ayat Cinta aja oke?

Oke deh..” ucap pasang cowok sambil memakai jaket hitam.

Leni dan Riri yang hobinya nonton detektif Konan, ternyata bersembunyi di balik Rental Ijul yang tak jauh berjarak dari kost Kak Ica, yang sering disebut “Gua Hira” karena tempatnya nyempil.

Lailahailallah, Laknatullah benar-benar Ukh Ica, ternyata apa katamu benar Ri. Aku gak habis pikir

Ssssstttt, entar kita ketahuan, Lo diam aja dulu. Gua udah siapain kamera untuk merekam ini semua

Hehe.. gak percuma kamu ikut seminar sehari inteligensi di Ushuluddin

Kayaknya cowoknya Ikhwan juga?

Ah kalo Ikhwan moralnya begitu, sorry lah yau..

Eh kayak Kak Pizaro ya?

Ah lo ada-ada aja, dia kan di rumah, lagi ngerjain revisi pusing katanya. Jadi deh dia katanya iseng nulis cerpen. Lagian kak Piza itu kan gemuk, lha cowok yang ini badannya sedang-sedang melentung gitu.

Iya tuh sombong banget ya Kak Piza, jarang ke kampus lagi. Gak asyik

Huush kok jadi ngomongin dia

Kaki Riri yang mencoba mundur tak sengaja menginjak batang kayu yang mulai reot.

Guuubbrrraakkk..!!

Mata Kak Ica spontan mengikuti arah suara yang mengagetkan.

Riri dan Lani panik kalang kabut, mereka cepat-cepat memepet tubuh hingga balik tembok.

Kak Ica menghampiri sumber suara, radiusnya sekitar 7 meter saja dari kost. Ia berjalan cepat karena takut ada apa-apa, atau mungkin maling motor yang marak di Ciputat. Ia celingak-celinguk. Matanya terus mendekati tubuh Leni dan Riri yang semakin berlindung di balik dinding rapuh.

Leni dan Riri, sama-sama menahan suara agar tidak kecium Kak Ica. Namun Leni yang lebih kacau, ia ingin sekali bersin, karena hidungnya kemasukan debu dari kayu reot yang patah.

Jari Riri sesekali mencubit paha Leni agar menahan bersinnya.

Kak Ica mendekati ke mereka, langkah gontai semakin jelas terdengar.

Riri begitu kencang mencubit Leni. Kalau cubitan yang ini, murni karena Riri sangat tegang.

Dan…. “Hay kak, lagi ngapain?” Tanya Ijul yang muncul dari Rental komputernya

Eh Ijul.. oya gimana ketikan Kakak udah beres?” selidik Kak Ica

Dikit lagi kak, ini tinggal ngerjain SPSS-nya aja?” jawab Ijul

Iya itu jul, Kak Ica gak dapet SPSS-nya, sudah Tanya ke AIDA katanya juga lagi error

Yeh santai aja lagi kak, temen Ijul di Ekonomi punya kok?” Gumam Ijul

Syukron ya Jul. Oya Jul kakak buru-buru nih mau ke kampus, ada janji sama teman bikin proposal FKM BPI

Tapi entar dulu kak, oya Sekolah Psikologinya jadi gak entar malam?

Insya Allah, kamu sudah dua kali gak ikutan lho, yee… curang

Pematerinya siapa kak?

Kak Jawa, sekarang masuk bahasan Sheldon

Insya Allah deh kak dateng

ÓK aku tunggu lho, kalau gak aku hipnotis

Hehehe galak amat, dimemori Quantum aja kak

Afwan

Leni dan Riri masih bersembunyi di balik tembok. Kaki mereka mulai gemetaran, Tangan Riri bak diikat, karena sedari tadi menyumpal mulut Leni. Ketika Kak Ica pergi barulah mereka tenang. Dan “Haahaahsssssyyyyyyyyyiiimmmm” Bersin Leni menggelegar.

Hari ini UIN terasa sumpek, hari kamis. Seperti biasa banyak sekali seminar dan kegiatan mahasiswa, Stan-stan ramai bergeletak di parkir SC. Dari mulai menawarkan kegiatan pengisi jiwa seperti training mahasiswa, jualan bunga lengkap dengan potnya demi menyambut penghijauan, sampai bazar-bazar buku yang harganya turun total. Ica coba mampir, ia dengan serius membolak-balik buku Sybill edisi lama yang bersampul biru.

Semenit berlalu, gentian ia sambangi temannya yang menjaga stan, Dela namanya. Dela kebagian menjaga stan TOEFL yang diselenggarakan UKM Bahasa Flat. Ia terlibat pembicaraan serius. Dari kejauhan terlihat Dela berusaha menahan tawa, ia tutup bibir kecilnya dengan tangan. Senyum menyeringai menyiratkan ada sesuatu kelucuan mendera.

Sedangkan Leni dan Riri berusaha mengejar lift. “Wait…wait..

Ih Si Leni buru-buru amat“ sergah Rangga.

Eh gua mau ngomong sama lo

Ngomong apa Len

Gawat… ini gawat

Ih Si Leni gawat apanya?” Tanya Rangga, senior BPI yang terkenal alim

Leni menceritakan panjang lebar kejadian yang membuatnya curiga bahwa Kak Ica mulai berani berdua-duaan sampai pegangan mesra sama cowok. Baginya perbuatan Kak Ica itu mencoreng nama baik BPI. Ia tidak mau nama BPI tergores. Apa jadinya kata dunia ada mahasiswi alim di BPI yang kumpul kebo. Lagipula apa jadinya mahasiswi yang populis sebagai “artis peradaban” tidak tahan terhadap belaian pria.

Rangga didera shock theraphy. Jantungnya bedegup atas cerita Leni. Ia sangat tidak menyangka, atas tingkah nista Ica tersebut. Leni benar-benar berhasil menyihir Rangga.

Lift sampai lantai 5, seorang mahasiswa masuk. Wajahnya bersih, tampan, dan berpenampilan rapih. Sontak ia berhadapan dengan Leni yang tepat berdiri di depan lift. Leni bergeser.

Matanya mulai nakal, ia perhatikan sesekali sang mahasiswa. Dalam hati Leni berkata “Masya Allah cucok juga nih cowok”.

Di sisi lain, isu percintaan Kak Ica sudah menyebar ke seluruh mahasiswa BPI. Dari mulai semester satu, tiga, lima, tujuh, dan sembilan. Bahkan beberapa dosen dan kajur kebagian infonya. Ini semata-mata karena Kak Ica memang bak seleb di BPI. Jadilah informasi cinta Kak Ica pasti laku bak kacang goreng. Beberapa orang masih penasaran. Mereka mencoba mengklarifikasi ini ke Ica, namun HP Ica tidak aktif, kost Gua Hira-nya juga terkunci kuat dengan dua gembok.

****

Hari ini Forsik digelar, para peserta tumplek ruah megisi Ruang 5.01 di lantai 5. Pembicara belum juga kelihatan batang hidungnya. Namun entah kenapa Leni punya rencana lain, ia datang ke Forsik untuk memberi bukti skandal. Ia siapkan rekaman itu, apalagi diskusi Forsik kerap memakai infokus. So Leni ingin menyiapkan kejutan.

Akan tetapi Leni agak kesal, Kak Ica ternyata tidak ikut Forsik. Beberapa teman-teman BPI juga kecewa Ica tidak datang. Padahal kedatangan Ica begitu ditunggu untuk menjelaskan lelucon dari perbuatannya selama ini.

Di kursi belakang, bukannya serius untuk mendengarkan Forsik, tapi ia malah sibuk memikirkan situasi Kak Ica berada saat ini. Ketika melamun, pembicara datang dengan mengenakan jas coklat muda. Materi kali ini tentang Konseling Profetik.

Ketika pembicara duduk di depan, sontak Leni tidak mengira “Oh My God inikan cowok yang tadi satu lift”. Ah Leni tidak bisa menahan pandangannya. Ia tatap lekat-lekat wajah pria tampan itu; sejuk, ramah senyum, rapih, dan bersih. Ah beruntung sekali wanita yang dipinangnya.

Ia menelan ludah, ada gurat cinta di hatinya. Yup cinta pada pandangan pertama. Tutur bahsanya enak didengar ketika menjelaskan. Intonasi suaranya jelas. Ah Leni benar-benar terbuai. So untuk melampiaskan kesukaanya, Leni sengaja bertanya banyak hal tentang konseling profetik.

Makin bertambah lipat hatinya, cara menjawabnya begitu detail, memang pintar sekali. Leni berpikir dua kali untuk mengumbar skandal Kak Ica, bisa hancur wibawanya bila dilihat sang pembicara. Namun sesekali hatinya juga berontak. Ia pikir, bukankah ini justru menjadi dakwah untuk memberi tahu atau tepatnya memberi pelajaran pada Ica bahwa caranya salah berhubungan dengan seorang pria. Sekalipun Ica adalah sosok mahasiswi teladan baginya. Jika tidak diumbar sekarang, malah akan menjadi boomerang baginya, bahwa ia adalah tukang gossip, penyebar berita palsu, tukang fitnah. “Astaghfirullaaladzim” cetusnya.

Ketika Forsik selesai dan pembicara izin pamit, Leni menahan teman-temannya untuk tetap duduk di tempat. Ia siapkan infokus. Sebelumnya ia berdiri di podium, sekedar menjelaskan apa yang akan dilihat teman-temannya nanti, murni sebagai rasa cintanya pada Kak Ica, sesama teman dan keluarga besar BPI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Teman-teman yang lain gantian menyibir Leni, “Ya sudah kamu tunjukkan kalau kamu memang tidak menyebar berita bohong, karena tidak mungkin seorang Ica melakukan perbuatan nista itu” sergah Rangga.

Betul kata Rangga, istighfar Leni, apa yang kamu katakan akan dicatat oleh Allah” umbar yang lain.

Suasana menjadi tegang, Leni tidak sendirian ada teman-teman lainnya yang akan mem-backup. “Saya sepakat sama Leni, lebih baik kita buktikan saja siapa yang benar dan siapa yang salah, ini kan buat kebaikan BPI juga. Kita akan menarik pelajaran dari ini semua, bahwa kadang tampilan bisa menipu. Ingat kawan!!” bela Riri, teman detektif Leni

Astaghfirullah, apa maksud kamu Riri?” tanya yang lain

Iya saya juga satu suara sama Riri, kita berbicara fakta nanatinya, bukan memandang karena Ica adalah bidadari BPI, teman kesayangan kita semua” seloroh Mahasiswa yang duduk di samping Riri.

Sudah.. sudah… langsung saja Leni kamu putar” Suruh Rangga

Leni tanpa panjang kata mulai memasukkan CD ke Laptop. Dan gambar yang diceritakkan Leni benar benar kenyataan.

Sini aku yang bawa sayang

Ah tidak usah, aku aja yang bawa, kamu langsung aja balik, gak enak nanti dilihat banyak orang

Ya sudah malam minggu Ukhti ada di rumah kan? Aku apel ya?

Iya dong say, kan sudah jatah kamu mulai saat ini?

Hmm kita nonton apa Ukh?

Ayat-ayat Cinta aja oke?

Oke deh..

Semua orang terperangah, “Masya Allah” ucap Rangga

Astaghfirullah” Ketus yang lain

Ahhh

Ini Gila” Kata Riri

Imposibble” Ucap Novi

Leni mulai buka suara di rerimbun gelengan kepala teman-teman. Rangga hanya menunduk malu. Novi menangis, ternyata Kak Ica yang rajin dakwah.. Ah begitu memalukan. Yang lain pun serupa.

Jelas kan sekarang” kata Leni dengan suara lantang

Riri merasa puas. Dia lega kerja kerasnya bareng Leni membuahkan hasil.

Ini mesti diproses” Keluh Novi kesal

“Iya ini sudah memalukan kita semua. Kita sudah jatuh. Hanya karena seorang pria, tega sekali Kak Ica menyakiti kita semua. Ia yang tiap hari bicara aturan yang seharusnya antara pria dan wanita ternyata adalah pembohong, munafik. Hhh aku sudah curiga, tidak mungkin seorang wanita menahan rasa cintanya pada pria yang dicintainya. Persetan dengan simpan dalam hati.” Seruput Leni

Afwan, ikhwan yang itu pacar saya!!” suara Kak Ica dari balik tembok, begitu keras menghujam keheningan.

Semua mata terperangah ke arah Ica.

Siapa yang bilang akhwat gak boleh pacaran?” tantang Ica

Novi yang satu aktivis dakwah dengan Ica menggelengkan kepala, dan hanya bisa berkata “Kau sudah berubah Ukh, siapa pria itu? Apa maksud kamu?

Iya itu pacar aku Nov” jawab Ica dengan senyum lebar

Rangga terlihat bingung. Leni tidak paham.

Ikhwan yang jadi pembicara tadi itu pacar saya lho hehehe

Hehehe betul, aku jadi saksi kok jadian mereka. Wong lagi nembaknya, Dela yang mengantar ikhwannya” ucap Dela yang tiba-tiba muncul

Mana cowoknya itu? kurang ajar betul dia” Gertak Novi

Ini lho pacarnya kak Ica, kebetulan ini kakak Dela juga” Dela menarik sang ikhwan yang kembali masuk ke ruangan.

Pacaran setelah nikah itu asyik lho. Aku gak takut lagi deket-deket sama si mas. Ini cincin nikah kita. Sebelumnya saya minta maaf karena belum sempat memberi tahu teman-teman. Saya tidak mau mengganggu aktivitas kita sekalian yang sebentar lagi UAS dan tengah sibuk karena penyelenggaraan CRUCIATUS, nah makanya sekarang setelah semuanya kelar, kita mau mengundang teman-teman sekalian. Ini undangannya, bagus kan??

Novi langsung memeluk Ica sambil sesenggukan meneteskan air mata “Maafkan aku teman sejatiku, aku sudah suudzon padamu, kau yang sangat kubangga sebagai mahasiswa berprestasi di BPI. Ah subhanallah ternyata kamu sudah menikah Ca, Allah begitu menyangimu wahai wanita yang baik budinya. Kamu kemana selama ini Ca, kami semua mencemaskanmu?

Afwan Nov, aku sedang honeymoon, gak bisa diganggu. Ini baru pulang dari Gunung Sindur, biasa pengantin baru ada aja maunya.

Ih resek” cubit Novi di pipi Ica.

Makanya cepat nikah dong, Si Aa mau dikemanain teh?” gantian Ica yang menyubit pipi Novi.

Si Aa siapa?” Novi balik menginjak kaki Ica.

Aa Aa A… Ada dehhh” Canda Ica yang membuat Novi memunculkan senyuman manisnya.

Rangga lega, walau sedikit menyesal karena telat melamar. Akan tetapi, sebagai pria berpikiran dewasa, ia ikhlas karena Allah pasti memberi yang terbaik jika hambanya bertakwa. Begitulah Islam mengajarkan. Semua orang kini menyami Ica dan sang pacar.

Lalu bagaimana nasib Leni? Dengkul Leni langsung lemas, kemudian ia tergeletak pingsan karena shock. Sang pujaan ternyata sudah sah menjadi milik Ica. Keburukan dibalas kebaikan, sekarang giliran Ica yang sibuk mengurusi Leni agar cepat siuman.

Komentar

  1. Nice Post n Story....hehehe.....mau...mau...mau....dunk....nikah juga....ada yg pnya calon untuk ku....hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca....^^