Saturday, October 30, 2010

Letusan Merapi

"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)


Pukul 01.00 dini hari tadi aku terbangun karena suara ketukan dari kakakku di depan pintu rumah mbakku. Dengan panik, kakakku itu bilang Gunung Merapi Meletus. Gak berapa lama, suara gemuruh letusan (yang dari awal aku pikir itu suara gemuruh petir) terdengar lagi (tempat tinggalku berjarak sekitar 22Km dari lereng merapi). Dan hujan abu pun turun dengan deras dan mulai tercium aroma sulfur. Sungguh pagi yang mencekam.

Tuesday, October 26, 2010

Kado Pernikahan Untuk Sahabat


"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)


ilustrated by id-kawanimut (Danang Kawantoro)

Barakallahulaka wa baraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fi khairin

Semoga Allah memberkahi kepadamu & atasmu dan (semoga Allah) mempersatukan kamu berdua dalam kebaikan.” (H.R. Tirmidzi)

Sunday, October 24, 2010

Ketika Laki-Laki Menangis

"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)

Kata Siapa Lelaki tak pernah Menangis?
bahkan kadang jiwanya lebih halus dari wanita
tersembunyi di balik kegagahan wajahnya
Mungkin ia tak pernah menampakan air mata itu di depanmu..
tapi yakinlah di saat engkau tak tahu
di jejak dia berangkat kerja
atau dalam duduk tafakur setelah sholatnya
kadang air mata itu tumpah
Karena akal mendominasi jiwanya
maka yang kau temukan hanya ketegaran

tapi coba kau tengok matanya
setelah ia mengimamkan sholat tahajud malam ini
ada kilatan cahaya embun yang menetes dalam ketegaran…
atau ketika dia tertunduk letih
setelah berjam-jam mencari nafkah…
lihat sejenak mata itu…

A Simple Table Cell Editor


"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)



Nah, sekarang kita akan memodifikasi table menjadi seperti tampilan di atas, ada combo box di dalam cell. Kita akan menggunakan class table yang sudah dibuat di posting sebelumnya. Dan modifikasi sintaksnya sebagai berikut:

Friday, October 22, 2010

Istriku, Janganlah Menangis

"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)



Istriku, kenapa kau menangis?
Apa kau menyesal menikah denganku?
(Istriku menggeleng)
Lalu kenapa kau alirkan air mata itu?
Aku ingin melihat senyum diwajahmu
(Istriku diam, ku tatap wajahnya, dan dia memelukku)

Wednesday, October 20, 2010

A Simple Table Demo

"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)




Untuk membuat table dengan hanya tinggal drag and drop memang mudah, tapi supaya bisa memodifikasinya, kita perlu tau juga sintaks programnya. Kaya gimana sih sintaksnya:

Tuesday, October 19, 2010

Izinkan Aku Menyapamu, Cinta..

"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)



Malu sendiri bacanya, hihi....

begitulah, yang dirasakan beberapa temanku (termasuk aku sepertinya.. hehe..)
sempat aku bertanya pada salah satu sahabatku:

"bolehkah aku jatuh cinta?"

lalu apa jawabnya?

"Allah menciptakan manusia dengan 3 potensi, yaitu akal, ghorizah (naluri), dan hajatul 'udowiyah (kebutuhan jasmani). ghorizah itu, dibagi menjadi 3, salah satunya adalah perasaan terhadap lawan jenis. nah, jadi wajarlah, kalau kita jatuh cinta karena memang sudah fitrahnya. hanya saja, kita sebagai seorang muslim yang sudah baligh, sudah terbebani dengan hukum syara', artinya perbuatan kita terikat halal dan haram, baik dan buruk sesuai aturan islam. Allah tidah hanya sebagai al-kholiq (Pencipta), tapi juga Al-Mudabbir (pengatur). tinggal bagaimana kita menyikapi perasaan kita, agar tak kebablasan. yakinlah, suatu saat ada hari dimana kita mempertanggung jawabkan perbuatan kita, termasuk pertanggung jawaban kita tentang bagaimana kita berinteraksi dengan lawan jenis. yakinlah, aturan Allah akan pergaulan dengan lawan jenis itu membawa maslahat untuk kita semua..."

Make Marquee Title of JFrame

"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)


tau marquee? Yup, kalo dalam HTML, tag marquee digunakan untuk membuat teks berjalan. "Emang bisa kalo di J2SE?" bisa, kita akan memanfaatkan Object Class Timer. "Gimana caranya, Dyah?", mau tau? begini nih caranya:
--sintaksnya gak aku tunjukkan full, silakan kalo mau pake yang class Login dari posting ini--

Wednesday, October 13, 2010

Resin Identification Code


"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)

Di setiap tempat makan yang terbuat dari plastik, pasti akan dicantumkan Resin identification code atau kode daur ulang plastik. Inilah yang jadi patokan kita dalam penggunaan tempat-tempat plastik. Pun juga dalam membeli peralatan bayi, harus benar-benar diperhatikan, salah-salah kita bisa membahayakan bayi kita, gak mau kan?

Berikut ini adalah Resin identification code yang berlaku di dunia:

Make JFrame Display in The Middle of Monitor Screen

"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)

Cara membuat JFrame kita muncul di tengah layar monitor, tambahkan sintaks berikut pada constructornya, class yang aku pake ini adalah class Login yang pernah di buat di posting sebelumnya:

Tuesday, October 12, 2010

10 Manfaat Air Putih


"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)


1. Memperlancar sistem pencernaan

Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien.

2. Air putih membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati. Minum air putih akan membuat tubuh lebih berenergi.

3. Perawatan kecantikan

Bila Ukhtiy kurang minum air putih, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit.

Untuk menjaga kecantikan pun, kebersihan tubuh hares benar-benar diperhatikan, ditambah lagi minum air putih 8 – 10 gelas sehari.

Monday, October 11, 2010

iPod Bikin Telinga Berdengung

"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)


Musik salah satu cara pendongkrak semangat, musik membuat hidup lebih hidup, tapi apa jadinya jika musik bikin telinga berdengung? Tentu bukan musik yang bikin telinga 'ngungung', tapi perilaku kita mendengarkan musik yang membuat pendengaran jadi tak tajam lagi.


Para peneliti di Australia menemukan sekitar seperempat pengguna iPods mengalami gangguan pendengaran. iPods mania atau pemakai portable music players lainnya sering beresiko mengalami kenaikan telinga berdengung (tinnitus) atau masalah pendengaran lainnya, kecenderungan ini lebih banyak dijumpai pada pengguna iPods yang gila-gilaan memutar volume iPods-nya.

Oh Ikhwan...

"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)



Oh.. Ikhwan
Apa bedanya dengan Si Marwan
Si Ali, Paijo atau Si Iwan
Oh ternyata Cuma beda sebutan

Oh.. Ikhwan
Walaupun tidak terlalu rupawan
Alias modal tampang pas-pasan
Tetep aja tebar senyuman


Friday, October 08, 2010

Dapurku Surgaku

 "Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)


Wedew, tersindir sendiri nulis judulnya,
Pentingkah Memasak? *Mungkin ini pertanyaan untuk muslimah yang kurang bisa memasak kali ya, gak termasuk aku lho, *


Memasak merupakan aktivitas yang banyak dilakoni oleh para wanita sejak turun temurun. Meski sekarang tidak sedikit pula laki-laki yang handal memasak, namun dalam kehidupan rumah tangga, memasak tetap harus diperani oleh wanita. Sekilas kita lihat aktivitas ini mungkin sangat remeh-temeh. Tetapi pada prakteknya tidak akan semudah itu. Orang yang mengaku bisa masak pun terkadang suka dihampiri rasa tak percaya diri ketika masakannya harus dicicipi orang lain. Maka tidak heran jika para pengamat seni menempatkan masakan sebagai karya seni yang paling berharga di antara semua karya seni lainnya.

Thursday, October 07, 2010

Ketika Aku Cemburu

"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)


Beberapa mengatakan kalau cemburu itu adalah amalan hati. Amalan itu akan menjadi baik jika diamalkan dengan perbuatan-perbuatan yang baik, dan akan menjadi salah atau bahkan dosa jika ia sudah melampaui batas.
Cemburu hanya ada pada orang yang saling mencintai, terlebih bagi pasangan suami istri. Cemburu ini lebih banyak dialami oleh wanita daripada oleh pria. Bahkan istri Rasulullah SAW dan shohabiyah yang lain pun mengalaminya.
Aisyah ra. pernah menuturkan kecemburuannya pada Khadijah:
Aku tidak pernah cemburu kepada seorang pun dari istri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam seperti cemburuku kepada Khadijah karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam banyak menyebutnya dan menyanjungnya” (HR. Bukhari dan Muslim)

Wednesday, October 06, 2010

How To Use ActionListener


"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)


Tau apa itu ActionListener?
Yup, kalo di J2ME ada yang namanya CommandListener, nah di J2SE disebutnya ActionListener yaitu Interface yang digunakan untuk "mendengarkan" setiap event yang dilakukan oleh user. Tanpa interface ini, setiap event (baik berupa klik atau pemilihan atau apapun yang dilakukan user) tidak akan berpengaruh apa-apa pada aplikasinya. Bingung?
ya udah, langsung kita buat aplikasi sederhana. Kemarin kita udah buat Form Login, mari kita modifikasi class tersebut, dan tambahkan 2 class lainnya.

Create Login Form in J2SE

"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)


Berikut ini kita akan membuat form login sederhana dengan menggunakan platform J2SE, gak asing mungkin untuk sebagian orang, hehe...
Form Login
Berikut ini sintaksnya, check it out (kalo kata temenku cekidot ).. 

Aplikasi Sederhana Untuk Memisahkan String


"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)


Sekarang, kita akan membuat aplikasi sederhana untuk memisahkan string, seperti pada gambar di bawah ini:
Mau tau sintaksnya? ini dia.....

Tuesday, October 05, 2010

Split Function in J2ME

"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)


Di J2ME operasi split string atau pemisahan string tidak dapat dilakukan secara langsung dengan memangil fungsi internal seperti bahasa pemrograman lain. seperti di VB ato bahkan seperti di J2SE yang mana mereka adalah satu keluarga. Padahal fungsi ini sangat penting bila kita membuat progam J2ME yang banyak memproses data String.


Tapi, kita bisa membuatnya sendiri, berikut sintaksnya:

Monday, October 04, 2010

Renungan Pernikahan

"Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis" (Al-Qalam:1)


Wahai SUAMI….
renungkanlah

Pernikahan menyingkap tabir rahsia

Isteri yang kamu nikahi tidaklah semulia Khadijah
Tidaklah setaqwa Aisyah
Tidaklah setabah Fatimah


Justeru,
Isterimu hanyalah wanita akhir zaman yang punya
cita-cita menjadi sholehah..
Pernikahan mengajarkan kita kewajiban bersama

Friday, October 01, 2010

Calendar in J2ME

Now, kita akan membuat field calendar dalam J2ME, kaya begini nih tampilannya:
Alur Proses

Langsung aja, ini dia sintaksnya,,,: