Baguskanlah Namanya

Siapa sih yang gak bangga dengan sebuah nama yang bagus, iya gak? Sudah menjadi hak setiap anak untuk mendapat nama yang bagus dari orang tuanya. Di sini aku mau ngasih sedikit cerita mengenai itu yang ku dapat dari sebuah buku yang baru-baru ini aku baca. Simak ya…. ^_^ 
Ada seorang laki-laki yang mengadukan perihal kedurhakaan anaknya pada Khalifah Umar bin Khattab. Lalu Umar pun memanggil anak itu dan menasehatinya dengan keras. Namun anak itu balik bertanya.

“Wahai amirul mukminin, bukankah ada beberapa hak yang harus ditunaikan seorang ayah pada anaknya”
Umar pun menjawab, “Ya”
Anak itu bertanya lagi, “Apa saja itu?”
Umar menjawab, “Selektif dalam memilih ibunya, membaguskan namanya, dan mengajarinya Al-Quran”
Anak itu pun berkata, “Wahai Amirulmukminin, ayah tidak melakukan hal itu sedikit pun. Ibuku seorang budak negro yang dulu dimiliki oleh seorang majusi. Sementara itu, aku diberinya nama “Kumbang”. Kemudian dia tidak mengajari aku satu huruf Al-Quran pun.”
Umar pun langsung menoleh ke arah laki-laki itu dan berkata, “Kau datang mengadukan perihal kedurhakaan anakmu padaku? Kau telah mendurhakainya sebelum ia mendurhakaimu dan engkau telah memperlakukannya dengan buruk sebelum ia memperlakukanmu dengan buruk.” 
Gimana? Untuk para calon orang tua, sudah mempersiapkan nama-nama yang bagus untuk anaknya? Hehe.. Jadi ingat satu hadits yang ku baca masih di buku yang sama:
Diriwayatkan oleh Ahmad dari Abu Ad-Darda r.a “Rasulullah SAW. Bersabda, ‘Sesungguhnya pada hari kiamat kalian akan dipanggil dengan nama kalian dan nama Bapak kalian, maka bagus-baguskanlah nama kalian’”
Gak mau kan nanti kita dipanggil dengan nama yang jelek? Semoga bermanfaat untuk semuanya. Kebenaran itu datangnya dari Allah SWT, dan jika ada kesalahan itu karena masih sempitnya ilmu yang didapat oleh yang nulis. ^^

Komentar